AudioKota PayakumbuhSafasindo News

Atap Pasar Bocor, Jalan Belum Tersentuh Aspal: Firmadona Turun Kelapangan

3 Mins read

Warga masyarkat Jorong Banjar Sari Nagari Labuah Gunuang Kecamatan Lareh Sago Halaban hingga saat ini warga masyarakat tersebut, belum bisa menikmati indah dan senangnya menempuh jalan yang beraspal didaerahnya. Ketika menempuh jalan yang beraspal dijorong tetangga warga masyarakat berhayal, kapan ya! jalan di jorongnya bisa sebaik dan sebagus jorong yang lain.

Menyikapi keluhan warga masyarakat tersebut, Walinagari Labuah Gunuang Zainul mengajak Firmadona Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota untuk melihat apa yang dirasakan oleh masyarakat setempat dan perjuangan warga Jorong Banjar keluar masuk, menempuh jalan yang rawan terjadi kecelakaan, karna kondisi jalan sangat memprihatinkan, Selasa 19 Oktober 2021.

Zainul jelaskan mulai dari bangsa ini merdeka hingga saat ini dirinya belum melihat jalan menuju Banjar Sari disentuh aspal, yang ada hanya baru dilapisi batu kerikil untuk pengeras, dan itupun sudah lama sekali. Jika dimusim hujan warga masyarakat semakin sulit melewati jalan tersebut.

Jalan tanah tersebut Walinagari katakan itu merupakan satu-satunya akses jalan keluar masuk bagi masyarakat disana, jika untuk membawa hasil bumi mereka kepasar dan juga untuk mengantarkan anak-anak mereka menuju sekolah dalam menimba ilmu. Begitu dimusim hujan, tidak hanya hasil bumi tidak bisa dibawa kepasar, namun anak-anak mereka terpaksa tidak masuk sekolah karna kondisi jalan sangat berbahaya, licin dan juga digenangi air sebahagian.

Melalui Firmadona selaku Ketua Komisi III, Walingari berharap jalan menuju jorong Banjar Sari ini tahun depan sudah bisa diperbaiki dan diaspal. Dengan demikian warga Jorong Banjar Sari yang dihuni lebih kurang ada sebanyak 300 jiwa bisa dengan lancar membawa hasil buminya yang dikenal penghasil Gula Aren untuk dijual kepasar. Selain itu warga setempat juga bisa dengan cepat menuju Kantor Walinagari dalam mengurus berbagai keperluan.

Usai meninjau jalan menuju Jorong Banjar Sari di Nagari Labuah Gunuang Firmadona menuju Pasar Serikat yang tak jauh dari Nagari Labuah Gunuang.

Melalui Anggota DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota dan juga sekaligus ketua Komisi III. Pedagang pasar berharap agar tempat mereka berjualan bisa ditempati dengan nyaman. Zulfianur dipanggil keseharian Epi mewakili pedagang yang lain dirinya berharap, agar atap yang bocor tempat dirinya berdagang bisa ditukar dengan yang lebih baik, disamping itu pembuangan air jika hujan juga dibenahi.

Epi jelaskan jika hari hujan ,lebat maupun sedang air akan masuk kekios-kios pedagang, dampaknya jalan bagi pengunjung pasar tergenang, sehingga pembeli enggan datang dan masuk ke area tersebut. Selain atap bocor Epi katakan, beberapa titik tempat berjualan hingga saat ini masih belum memiliki penaung atau atap yang permanen. Pedagang berharap tempat mereka tersebut juga diberi atap seperti yang lainnya.

Terkait apa yang disampaikan oleh pedagang tersebut Walinagari Halaban Eka Rinaldi dan Rilson Dt. Mangguang Walinagari Tanjuang Gadang mengatakan, dimana pasar serikat ini dimiliki oleh 3 nagari, satu lagi Nagari Tanjuang Ampalu. Dalam pengelolaan pasar dan juga perbaikan pasar, selama ini secara beransur telah dilakukan perbaikan, namun karna terkendala biaya anggaran tentu tidak bisa kita melakukan perbaikan secara banyak.

Sementara kondisi pasar kita masih banyak yang harus dibenahi, seperti yang disampaiak oleh pedagang tersebut. Melalui Anggota DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Firmadona yang sekaligus Ketua Komisi III, Walinagari dan pedagang berharap pasar ini bisa mendapatkan dana bantuan baik dari Anggota DPRD maupun dari Pemerintah Daerah melalui OPD yang terkait, untuk perbaikan pasar.

Rilson didampingi Eka Rinaldi mengatakan, dimana Pasar Serikat ini sangat kuat pengaruhnya dalam pertumbuhan perekonomian masyarakat Kecamatan Lareh Sago Halaban, karna dipasar ini semua hasil bumi masyarakat setempat dipasarkan disini. Tidak hanya hasil bumi hasil peternakan masyarakat dan usaha UMKM juga dipasarkan di Pasar Serikat ini.

Agar transaksi jual beli dan kenyamana pedagang dan pengujuung lebih baik, Walinagari dan pedagang pasar serikat berharap pasar ini dibenahi. Seperti yang didepan pasar yang sudah dipasang atap kanopi, yang lain juga bisa hendaknya diberi atap yang layak, sehingga mau hujan dan panas pedagang dan pembeli mereka sama-sama nyaman.

Terkait apa yang disampaikan oleh warga masyarkat ini, Firmadona katakan selaku Anggota DPRD di Kabupaten Lima Puluh Kota dari Partai Gerindra dan juga selaku Ketua Komisi III, dirinya akan berupaya untuk melakukan ada perbaikan dan perobahan.

Untuk jalan yang menuju Jorong Banjar Sari yang ada di Nagari Labuah Gunuang, Firmadona katakan dirinya akan upayakan jalan tersebut untuk segra diperbaiki dan diaspal. Dirinya akan sampaikan kepada dinas terkait dan juga kepada Bupati, agar jalan menuju Jorong Banjar Sari ini juga diperhatikan oleh pemerintah daerah.

Semua yang disampaikan oleh masyarkat ini dirinya akan sampaikan di DPRD nantik, baik dalam rapat Komisi dan juga rapat dengan mitra kerja Komisi III.

Masalah keluhan pedagang Pasar Serikat, Firmadona katakan, dirinya akan usahakan dan perjuangkan apa yang disampaikan oleh pedagang. Melalui kerjasama semua pihak dan dorongan dari masyarakat banyak serta Walinagari, Firmadona berharap semoga pengembangan Pasar Serikat bisa cepat terlaksana, dan pertumbuhan perekonimian masyarakat cepat tumbuh dan berkembang.

Berikut komentar Firmadona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *