Kota PayakumbuhPendidikanSafasindo News

Awalnya Tertawa Bahagia, Perpisahan Mahasiswa IAIN Magang di Safasindo Endingnya Tak Disangka Kejadian Seperti Ini

4 Mins read

Sebanyak 4 orang mahasiswa IAIN Bukittinggi yang magang di Radio Safasindo FM Kota Payakumbuh adakan perpisahan dengan Pimpinan Radio serta kru. Empat mahasiswa ini merupakan jurusan program studi komunikasi dan penyiaran Islam di Kampus IAIN Bukittinggi.

Acara perpisahan didakan disalah satu tempat makan yang menyajikan dengan nuasan alam terbuka, yang berada dekat Pasar Ibuah. Panas hari yang terik dan hangatnya siang saat itu, namun saat memasuki area, nuasa menjadi sejuk dan nyaman, karna disuguhi dengan minuman yang segar, yang disajikan dengan wadah yang memuaskan.

Kegiatan acara ini memang telah direncarankan oleh mahasiswa yang magang di Radio Safasindo, sekaligus juga dapat restu dan izin oleh pimpinan Radio. Empat mahasiswa tersebut Rindi Febriani, Ronaldo, Khairul Annisa, dan Ega Mustika Sari, mereka sangat bahagia dan senang karna acara perpisahan mereka dapat restu dan sekaligus dihadiri langsung oleh pimpinan Radio Hj. Harni Pamil.

Jelang sajian makan siang tiba, semua begitu happy. Hal tersebut dapat dilihat dari tawa dan canda yang menghebohkan ruangan tempat yang telah dipilih untuk menikmati makan siang hari itu. Satu persatu gurauan dan percakapan membuat mulut tak bisa dihentikan tertwa, apalagi membiacarakan terkait mahasiswa yang magang, yang memiliki sifat dan tingkah laku yang berbeda. Intinya, hari itu semua bahagia.

Setelah menunggu beberapa saat, pesanan yang dimintapun telah datang. Candapun tetap berjalan, karna tidak disediakan tempat cuci tangan dimeja, cuitan muncul
Basuah tangan baako
yang lain menjawab, pai kabawah basuah disinan.
Setelah kembali dari cuci tangan, tiba-tiba pegawai tempat makan bilang, untuk cuci tangan ada didepan lokasi tempat kita makan, suasana pun jadi heboh, saling tertawa dan menertawai.

Usai menikmati makan siang, Hj.Harni Pamil meminta kepada mahasiswa yang magang untu memberikan sepatah kata terkait pengalaman selama magang di Radio Safasindo FM,selama kurang lebih 2 bulan telah berjalan.

Ronaldo satu-satunya laki-laki dari 4 mahasiswa tersebut, tampil untuk membuka acara sekaligus memberikan sepatah dua patah kata, terkaiat dirinya melaksanakan magang di Safasindo. Dari sambutan yang diberikan semuanya berjalan normal, ucapan terimakasih dan pengalaman yang berharga tak lupa disampaikan oleh Ronaldo, intinya dirinya senang selama melaksanakan magang.

Usai penyampaian dari Ronal, Pimpinan Radio meminta yang lain untuk menyampaikan pengalamannya. Ronaldo meminta kepada temannya yakni Rindi Febriani. Awalnya enggan untuk berdiri, setelah diberi semangat Rindi pun tampil. Setelah tampil dan saat akan memberikan ucapan Rindi terdiam dan langsung meneteskan air mata. Melihat hal tersebut Pimpinan Radio Hj. Harni Pamil langsung mendekati dan memeluk Rindi, suasanapun menjadi haru.

Khairul Annisa dan Ega Mustika Sari pun datang dan memeluk Rindi untuk memberikan semangat, agar Rindi bisa menyampaikan hal yang dirasakan selama magang di Safasindo. Melihat apa yang dirasakan Rindi yang sulit menyampaikan kata-kata perpisahan, Annisa dan Ega pun terbawa arus, tampa disadari air mata mereka pun tak bisa dihentikan keluar.

Annisa dan Ega langsung menyampaikan kepada semua tim Safasindo, dimana selama melakukan magang mereka tidak diberlakukan seperti anak magang, namun seperti bagian dari keluarga Safasindo. Ega katakan barangkali yang dirasakan mereka tidak didapatkan oleh temannya yang lain, yang juga melakukan hal yang sama ditempat yang berbeda.

Seperti yang disampaikan oleh Ronal dan Annisa dan dirasakan oleh Rindi, Ega jelaskan selama kuramg lebih 2 bulan di Safasindo, banyak pengalaman dan ilmu baru yang didapatan di Safasindo. Selama ini kami tidak mengetahui seperti apa orang siaran dan persiapannya, begitu juga akan melakukan dialog dengan narasumber yang berasal dari dinas instansi pemerintah dan tokoh masyarkat. Saat ini kami telah mengetahui kendati belum bisa mengeksekusinya.

Begitu juga dengan membawa siaran dan membaca berita. Secara bergantian kami diberi kesempatan untuk belajar oleh penyiar, mendampingi mereka dan ikut dalam siaran yang mereka bawa. Semua yang diberikan dan diajarkan kepada kami Ega sampaikan, itu merupakan pengalaman yang berharga yang sulit akan kami lupakan.

Selain di Studio Ega katakan, kami juga diberi kesempatan untuk terjun kelapangan dalam meliput berita, melakukan wawancara dan liputan langsung. Yang takkalah senangnya kami juga dibawa jalan-jalan ketempat wisata yang ada di Luak Limapuluah ini. Atas semua yang diberikan dan dilakukan tim Safasindo kami sangat senang dan bahagia. Dari semua hal tersebut, membuat kami enggan dan tak mau rasanya berpisah dengan tim Radio Safasindo.

Ronal menambahkan setelah kami tidak lagi magang di Safasindo, dirinya berharap kedepan Safasindo bisa juga hendaknya mengajak dan membawa mereka untuk bisa melakukan kegiatan Radio Safasindo, apakah itu siaran, peliputan dan membuat berita.

Usai sambutan dari mahasiswa magang, Andi Masuda selaku penanggung jawab siaran Radio Safasindo menyampaikan, dirinya berterimakasih kepada semuanya. Masuda berharap apa yang didapatkan di Safasindo, ilmu tersebut bisa berguna hendaknya dikemudian hari. Hal yang sama juga disampaikan oleh Aya dan Indah mewakili temannya yang lain. Sukses dan selamat semoga semua yang magang ini nantiknya bisa lulus dan diwisuda dengan nilai yang baik.

Terakhir Hj. Harni Pamil menyampaikan kepada semua mahasiswa yang magang, selama ini, baru kali ini dirinya mendapatkan mahasiswa yang magang dan benar-benar mau belajar. Pamil melihat tidak ada dari mereka ini yang pergi ke Radio sekedar melepaskan tugas dan kewajiban, namun mereka mengusahakan apa yang bisa diadapatkan hari itu.

Semuanya tampak gigih untuk belajar dan itu merupakan point terbaik untuk mahasiswa yang magang saat ini. Kendati belum semuanya bisa tampil untuk menyiar dan yang lainnya, namun apa yang dilakukan sudah menampakkan progres yang luar biasa. Disamping itu, selama ini baru kali ini ada mahasiswa yang magang menyampaikan setelah tidak magang lagi di Safasindo tolong ajak juga untuk bisa menjadi bagian dari tim Safasindo.

Hj. Harni Pamil berharap apa yang didapatkan di Safasindo, bawa yang baiknya dan buang apa yang tidak sesuai dengan diri kita. Pamil sampaikan kami semua akan selalu merindukan kalian semua, dan semoga semua yang magang ini kelak bisa menjadi sukses dan lulus dengan hasil yang memuaskan.

Acara perpisahan yang dihelat pada hari Jumat 6 November 2021 tersebut, diakhiri dengan bersalaman satu dengan yang lainnya, sembari mengucapkan selamat berjuang dan bisa ketemu dilain kesempatan. Saat bersalaman dan berpelukan dengan Pimpinan Radio, derai air mata mahasiswi yang magang tak terelakkan karna akan perpisah dan entah kapan lagi bisa berkumpul dan bercanda dengan tim yang lain.**

Related posts
AudioKota PayakumbuhSafasindo News

BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh Adakan Talk Show “Iuran BPJS Kesehatan bisa dicicil” Di Radio Safasindo FM

2 Mins read
Radio Safasindo FM langsungkan talk show bersama BPJS Kesehatan cabang Payakumbuh. Talk show ini mensosialisasikan Iuran BPJS kesehatan yang sekarang bisa dicicil….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *