Berita UtamaSafasindo News

Bahas Kerja Sama dengan PT.Bio Cycle, Pemkab Limapuluh Kota Terima Kunjungan Pemkab Magetan

2 Mins read

Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo terima kunjungan Pemerintahan Kabupaten Magetan di ruangan rapat kerja Bupati, Selasa 24 Januari 2023. Kunjungan tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Magetan Supratowo. Adapun tujuan kunjungan tersebut untuk menjalin kerjasama antar dua daerah dalam hal pengelolaan sampah organik berbasis Maggot dengan PT.Bio Cycle. Pembahasan kerja sama kedua daerah turut dihadiri sejumlah Kepala Perangkat Daerah dari masing-masing Kabupaten.

Pada pertemuan tersebut Bupati Limapuluh Kota mengatakan, Oktober lalu bersama sejumlah Kepala Perangkat Daerah kami telah menyimak presentasi dan menyaksikan langsung proses produksi Maggot di PT. Bio Cycle Indonesia. Industri Maggot menjadi salah satu upaya strategis Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota untuk mengakselerasi pengurangan tumpukan sampah yang dihasilkan setiap harinya, hal ini juga sejalan dengan inovasi Mahkota Berlian (Limapuluh Kota Bersih Lingkungan) yang diluncurkan di awal tahun 2022 lalu.

“Selamat datang dan Terima kasih atas dipilihnya Kabupaten Limapuluh Kota sebagai tujuan kunjungan pada kesempatan ini. Suatu kehormatan dan kebanggaan bagi kami untuk dapat menerima kunjungan Pemerintah Kabupaten Magetan. Semoga selain menjadi ajang silaturahim antara Pemerintah Daerah, kedepan diharapkan akan terjalin sinergitas serta kerja sama yang berkelanjutan antara seluruh pihak yang terkait dan juga masyarakat dari kedua daerah,” kata Bupati Safaruddin.

Dalam kesempatan pertemuan tersebut , Bupati Safaruddin juga menyampaikan secara singkat gambaran umum kondisi daerah Kabupaten Limapuluh Kota kepada Bupati Magetan.

‚ÄúTerkait pengelolaan sampah, dapat kami sampaikan bahwasanya dalam upaya menekan dampak jangka panjang yang diakibatkan oleh sampah, saat ini Pemkab Limapuluh Kota akan meneken MoU dengan Bio Cycle,”ungkap Bupati Safaruddin.

Selanjutnya Bupati menjelaskan, dalam menangani permasalahan sampah tidak dapat dilakukan secara sepihak, melainkan harus dilaksanakan lewat kolaborasi yang melibatkan berbagai pihak. Bupati sampaikan, Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota telah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sumbar dan Riau, dan pada tahun ini kerja sama tersebut dapat diwujudkan dengan pembangunan pabrik Maggot.

“Pemerintah Kabupaten telah mengalokasikan lahan pembangunan pabrik, setelah kunjungan ini, Pemkab Limapuluh Kota hari ini juga akan menandatangani MoU dengan PT.Bio Cycle guna akselerasi program pengelolaan sampah di Limapuluh Kota,” sambung Bupati.

Sementara itu Bupati Magetan Supratowo menjelaskan, kunjungan Pemerintah Kabupaten Magetan ke Limapuluh Kota bertujuan untuk studi komparatif tentang kerja sama yang akan dilakukan antara Pemkab Limapuluh Kota dengan Bio Cycle.

“Hal ini dirasa sangat penting, kemaren kami juga baru berkunjung ke Pabrik Bio Cycle di Tapung, Kampar. Dengan berkunjung ke Kabupaten Limapuluh Kota, kami harapkan dapat mengetahui skema perjanjian yang akan diterapkan kedua belah pihak sehingga jadi bahan acuan dalam perjanjian Pemkab Magetan dengan Bio Cycle nantinya,” kata Bupati Supratowo.

Supratowo jelaskan, kerja sama yang akan dijalin dengan Bio Cycle dinilai strategis dalam mengelola sampah Kabupaten Magetan yang saat ini mencapai 267 ton perhari. Selanjutnya, Ia berharap koordinasi yang dilakukan kedua daerah dengan Bio Cycle dapat diwujudkan secepatnya agar permasalahan sampah di kedua kabupaten dapat teratasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *