AudioKota PayakumbuhSafasindo News

Bawaslu Kabupaten Lima Puluh Kota Selenggarakan Rapat Sosialisasi Pengawasan , Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati

1 Mins read

Sebagai upaya pencegahan pelanggaran pelaksanaan pemilihan kepala daerah, pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Limapuluh kota Bawaslu Kabupaten Lima Puluh Kota selenggarakan rapat sosialisasi pengawasan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati , Senin 28 September 2020 bertempat di salah satu kafe di jorong Pulutan Tanjung Pati Kabupaten Lima Puluh Kota.

Rapat dihadiri oleh perwakilan mahasiswa dan pelajar, Forum BAMUS, ketua LKAAM, Banser NU, MUI, Disdukcapil kabupaten lima puluh kota dan awak media yang bertugas di luak limo Puluah.

Rapat sosialisasi dibuka oleh Yoriza Asra, ketua Bawaslu Kabupaten Lima Puluh Kota. Dalam sambutannya Yoriza menyampaikan KPU sebagai penyelenggara pemilu dan Bawaslu sebagai pengawas pemilu, bertanggung jawab atas keselamatan masyarakat saat penyelenggaraan pilkada ditengah pendemi Covid-19.

Yoriza jelaskan banyak kendala dihadapi dalam penyelenggaraan pilkada ditengah pendemi ini, tapi itu bukan berarti setiap peserta pilkada tidak menjalankan peraturan yang telah ditetapkan.

Apalagi setelah keluar peraturan pemerintah yang mana Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) Nomor 2 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali kota Menjadi Undang-Undang yang ditandatangani pada 4 Mei 2020.

Setelah acara dibuka kegiatan dilanjutkan penyampaian materi oleh Ismet Aljanata, Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga dan Zumaira Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Lima Puluh Kota.

Kepada media Ketua Bawaslu Yoriza Asra sampaikan dirinya melihat ada keengganan dari peserta pilkada melaporkan kegiatan kampanyenya kepada pihak kepolisian dan ini membuat banyak pihak baik itu Bawaslu dan KPU tidak tahu akan kegiatannya. Yoriza berharap peserta pilkada melalui timnya untuk bisa melaporkan kegiatan kampanyenya kepihak kepolisian.


Berikut komentar Yoriza Asra

Related posts
AudioKota PayakumbuhSafasindo News

BAWASLU Kota Payakumbuh Adakan Rakor Pengawasan Tahapan Pemilu Partisipatif Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur

1 Mins read
Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Kota Payakumbuh, langsungkan acara kegiatan Rapat Koordinasi Pengawasan Tahapan Pemilu Partisipatif Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur Sumatra Barat…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *