Kota PayakumbuhSafasindo News

Belajar Asyik Menulis Komik

1 Mins read

Pustaka Dua-2 (Rumah Baca dan Diskusi Sastra) kembali mengadakan kegiatan literasi untuk anak dan remaja yaitu kegiatan belajar asyik menulis komik. Kegiatan ini merupakan kegiatan ke-5, sekaligus merupakan kegiatan terakhir dalam rangkaian Pustaka Dua-2 Ramadhan Program.

Adapun pemateri adalah Rizastra Nur Hamizah atau yang kerap disapa Ami. Ami juga sebagai volunteer tingkat remaja di Pustaka Dua-2. Kegiatan ini berlangsung di Pustaka-Dua yang beralamat di Perum Griya Asri Blok HH No. 10 Kel. Pakan Sinayan, Kec. Payakumbuh Barat, Minggu 17 April 2022.

Topik yang diangkat dalam kelas ini adalah basic atau dasar dalam menulis komik. Mulai dari penentuan ide, karakter, jumlah plot yang akan di-design dan jenis-jenis balon dialog. Peserta yang berasal dari berbagai daerah di Kota Payakumbuh tampak sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Setelah pemateri memberikan ringkasan teori tentang dasar dalam menulis komik, pemateri langsung memandu peserta untuk mempraktekkannya.

Ami jelaskan, adapun langkah-langkah dalam menulis komik adalah pertama menentukan ide atau konsep yang akan dibuat. Ide yang didemokan oleh pemateri adalah tentang ghibah atau gunjing. Langkah selanjutnya adalah penentuan karakter. Karakter yang dipilih yaitu anak 3 (tiga) orang siswi sekolah dasar. Langkah ketiga, penentuan jumlah plot. Plot yang digunakan dalam materi kali ini berjumlah 8 (delapan) plot. Langkah terakhir adalah membuat pola dasar dan menjelaskan detail karakter serta latar.

Setelah mendapatkan materi di atas, peserta bebas membuat komik berdasarkan ide mereka masing-masing. “Dengan adanya kebebasan dalam menentukan ide menulis komik, muncullah ide-ide yang heterogen, mulai dari kartun kesukaan hingga aktivitas di sekolah. Setelah menyelesaikan karyanya, masing-masing peserta menempelkan komik mereka di styrofoam yang telah disediakan,” kata Ami.

Pihak Pustaka Dua-2 berharap dengan adanya kegiatan ini dapat memunculkan klub menulis komik serta melahirkan komikus-komikus muda yang kompeten dan professional pada masanya. Komikus yang dapat berkarya dan bersaing hingga kancah Nasional.

Related posts
Kota PayakumbuhSafasindo News

Pustaka Dua-2 Dikunjungi Country 92 Gontor

1 Mins read
Pustaka Dua-2 dikunjungi oleh Country 92 alumni Gontor sekaligus Majelis Pimpinan Pesantren Terpadu Al Jauhar Duri Riau, Choirudin Nur Choir beserta rombongan….
Kota PayakumbuhSafasindo News

Gagas Program Baru, Pustaka Dua-2 Adakan Literasi Go Cafe

1 Mins read
Pustaka Dua-2 lakukan bedah buku disalah satu kafe atau tempat minuman yang ada di Koto Nan Ampek. Kegiatan ini akan diadakan secara…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *