Kota PayakumbuhSafasindo News

Berhijrahlah, Ini Pesan Buya Aguswan ke ASN Pemko Payakumbuh

1 Mins read

Kita harus hijrah dari pemahaman islam yang setengah-setengah ke pemahaman Islam yang kaffah. Hijrah dari pandangan Islam yang sempit ke pemahaman Islam yang luas dan lebih bertoleransi”.

Demikian penyampaian Buya Dr. Aguswan Rasyid, Lc, MA saat memberikan ceramah agama kepada jajaran Aparatur Sipil Negara dilingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh, Kamis 4 Agustus 2022 di Aula Ngalau Indah, Kantor Walikota.

Buya Aguswan mengajak para ASN agar menjadikan momentum tahun baru Islam 1444 H yang baru dimasuki untuk lebih menyempurnakan pemahaman dan pengamalan ajaran Islam.

“Islam itu harus Kaffah, artinya Islam masuk kedalam seluruh segmen kehidupan, baik pendidikan, sosial, ekonomi bahkan politik. Islam harus hadir dan berperan disana,” ujar Aguswan yang merupakan Alumni Timur Tengah ini.

Aguswan juga menyoroti persoalan persatuan dan kesatuan Ummat saat ini yang dinilainya lemah. Dikatakan, bermunculannya kelompok dan organisasi Islam dengan pandangan ekstrem turut memperlebar jurang perbedaan dan perpecahan Ummat.

“Saat ini muncul kelompok-kelompok Islam yang begitu mudah mengkafirkan kelompok Islam yang lain, padahal kita tahu pemahaman Islam itu sangat luas, mazhab saja ada empat dan masing-masing punya dalil. Jadi jangan monopoli kebenaran, jangan mudah menyalahkan. Mari berhijrah dari pemahaman Islam yang sempit seperti itu,” ajak Dosen PascaSarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat ini.

Terpisah, Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi melalui Kabag Kesra Setdako Irwan Suwandi SN mengatakan pelaksanaan wirid bagi ASN Pemko Payakumbuh merupakan salah satu upaya pembinaan mental spritual aparatur sipil negara. Dikatakan, bekal spiritual sangat penting untuk membentuk pribadi aparatur yang baik dan amanah.

“Kegiatan ini rutin kita adakan. Tak hanya di Balaikota, disejumlah OPD juga secara rutin mengadakan wirid bagi pegawai mereka. Diharapkan melalui kegiatan ini akan terbentuk ASN yang punya kepribadian dan integritas yang baik serta amanah dalam bekerja” ujar Irwan.

Wirid ASN Pemko Payakumbuh sendiri diadakan dua kali dalam sebulan. Wirid menghadirkan seluruh ASN yang berkantor di Kantor Walikota Payakumbuh dan perwakilan ASN dari seluruh OPD se-Kota Payakumbuh.**

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *