AudioKota PayakumbuhLimapuluh KotaPendidikanSafasindo NewsSumbar

Buka Bimtek Peningkatan Kapasitas Pemangku Adat, Ini Pesan Irsyad Safar

1 Mins read

Dinas kebudayaan Propinsi Sumatra Barat adakan bimbingan teknis bagi pemangku adat dan niniak mamak Kota Payakumbuh dan juga Kabupaten Limapuluh Kota yang diadakan di Kota Bukittinggi, Rabu 30 November 2022.

Kegiatan ini diikuti oleh 100 orang niniak mamak dengan rincian 50 orang dari Kota Payakumbuh dan 50 orang dari Kabupaten Lima Puluh Kota. Acara bimbingan teknis ini dibuka oleh H. Irsyad Safar dan dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan Propinsi Sumatra Barat serta peserta Bimtek.

H.Irsyad safar saat dihubungi mengatakan dimana agenda yang dilaksanakan ini merupakan aspirasi masyarakat yang kita perjuangkan dan dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan. Kegiatan ini diadakan selama 3 hari, Selasa 29 November hingga Kamis 1 Desember 2022.

Dalam kegiatan ini peserta akan dibekali pengetahuan ilmu adat dengan narasumber yang berkompeten di bidangnya. Diantaranya Ketua MUI Sumbar selanjutn6a Yos Dt Parapatiah dan juga ada dari dosen UIN, kata Irsyad Safar.

Adapun tujuan dan sasarannya H.Irsyad Safar jelaskan untuk meningkatkan kapasitas niniak mamak agar adat Minangkabau ini yang punya falsafah Adat Basandi Sarak, Sarak Basandi Kitabullah terus terpelihara dan menjadi kuat. “Disamping itu Kita juga berharap para niniak mamak ini bisa mewariskan kepada anak kemanakannya akan ilmu adat miangkabau ini,” ungkap Irsyad Safar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *