AudioKota PayakumbuhPendidikanSafasindo News

Bupati Safaruddin Lounching Program 1 Nagari 1 Rumah Tahfiz

1 Mins read

Bupati Kabupaten Lima Puluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo lounching program satu nagari satu rumah tahfiz. Kegiatan acara berlangsung di Aula Kator Bupati Setempat, dihadiri Sekda, unsur Muspida,Kakan Kemenag serta jajarannya, Kepala OPD, lembaga sekolah, serta tamu undangan lainnya, Rabu 3 Agustus 2022.

Bupati Limapuluh Kota Safaruddin kepada media mengatakan, yang kita lonching hari ini adalah merupakan program dari penjabaran visi dan misi kita, yakni meningkatkan sumber daya manusia yang berbudaya yang berlandasan keimanan.

“Salah satunya untuk hal tersebut, kita mencetak generasi yang Qur’ani, yang bisa hafal Alqur’an. Karna orang yang bisa hafal Alqur’an itu adalah orang-orang yang cerdas, itu yang bisa menghafal Alqur’an,”kata Safaruddin.

Bupati jelaskan, program satu nagarai satu rumah tahfiz ini adalah program unggulan kita. Saat ini sudah banyak rumah tahfiz yang berdiri, adapun rumah tahfiz yang dilounching ini adalah rumah tahfiz yang dibawah binaan Pemerintah Daerah, dibawah binaan Kecamatan dan nagari.

“Satu nagari itu harus mendirikan satu rumah tahfiz, dengan prosedur standarnya harus didaftarkan secara resmi kepemerintah daerah melalui Kementrian Agama. Tujuannya adalah rumah tahfiz ini bisa terpantau, jangan ada nantik rumah tahfiz ini programnya atau kurikulumnya melenceng dari apa yang kita harapkan,” ungkap Safaruddin.

Bupati terangkan, program tahfiz Qur’an ini akan kita sinkronkan dan dimasukkan kemuatan lokal sekolah SD dan SMP sederajat. Safaruddin sampaikan dimana belum lama ini kita sudah bertemu dengan bidang kurikulum Kementrian Pendidikan. “Insyaalloh dalam bulan Agustus ini kita akan melounching muatan lokal kita yakni Belajar Adat Budaya Minangkabau dan juga tahfiz,”sambung Bupati.

Terkait mendirikan rumah tahfiz ini, Bupati terangkan bukan dalam artian mendirikan secara visiknya tapi bagaimanan rumah tahfiz yang ada visiknya ada surau, langgar dan mesjid itu yang dijadikan dan dikelola oleh nagari. Boleh perorangan atau pribadi tapi harus didaftarkan.

“Rumah tahfiz yang terdaftar, dan tahun ini kita telah menganggarkan untuk bantu guru pendampingnya ada sebanyak 68 orang. Besaran anggarannya kita sesuaikan dengan kemampuan daerah. Untuk satu orangnya berkisar antara 1,5 juta hinngg 2 juta. Targetnya satu nagari satu tenaga pendampingnya,” kata Bupati.

Related posts
Berita UtamaLimapuluh KotaSafasindo News

Sertijab Camat Akabiluru, Bupati Safaruddin : Camat Harus Edukasi Masyarakat

1 Mins read
Bupati Safaruddin menyampaikan bahwa, seorang Camat merupakan representasi Kepala Daerah di wilayah kecamatan yang mendapatkan pelimpahan sebagian kewenangan dari Bupati untuk melaksanakan…
Berita UtamaLimapuluh KotaSafasindo News

Tingkatkan Silaturahim, Bupati Safaruddin Temu Ramah Bersama Niniak Mamak Nagari Talang Anau

1 Mins read
Dalam rangka mempererat tali silaturahim sekaligus mendengarkan keluh kesah serta masukan yang ada di masyarakat, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo…
Berita UtamaLimapuluh KotaSafasindo News

Bupati Safaruddin Buka Pawai Arak Iriang Adat Salingka Nagari Situjuah Batua

1 Mins read
Bupati Kabupaten Lima Puluh Kota Safaruddin Dt. Banadaro Rajo didampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Limapuluh Kota Nevi Safaruddin dan Walinagari Situjuah Batua buka…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *