Kota PayakumbuhSafasindo News

Camat Payakumbuh Timur Kukuhkan Pengurus GABAH PAYTIM

2 Mins read

Sebuah inovasi kembali dilahirkan oleh Camat Payakumbuh Timur, Irwan Suwandi. Setelah sukses menggagas program Sedekah sarapan (SeSar), kali ini, Camat enerjik tersebut bersama sejumlah tokoh masyarakat kembali menginisiasi lahirnya gerakan sosial yang diberi nama Gerakan Bapak Asuh Kecamatan Payakumbuh Timur atau disingkat GABAH PAYTIM.

Jum’at 11 Juni 2021 siang, dilakukan pengukuhan pengurus sekaligus soft launching GABAH PAYTIM yang bertempat di aula kantor camat setempat. Turut Hadir dalam kegiatan tersebut Walikota Payakumbuh yang diwakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdako Payakumbuh, Yufnani Away. Turut hadir para Lurah, Ketua KAN, dan sejumlah tokoh masyarakat se Kecamatan Payakumbuh Timur.

Dalam sambutannya Camat Irwan Suwandi mengatakan, hari ini kita mengukuhkan pengurus Gerakan Bapak Asuh Kecamatan Payakumbuh Timur yang telah dibentuk beberapa waktu lalu. Lahirnya gerakan ini merupakan hasil dari pembicaraan kami dengan sejumlah tokoh masyarakat yang memiliki kepedulian sosial untuk bisa membantu mengatasi masalah sosial yang dihadapi masyarakat.

Partisipasi aktif masyarakat sangat diperlukan guna ikut membantu pemerintah meringankan beban keluarga miskin. Apalagi disituasi pandemi covid-19 dewasa ini, dipercaya telah menambah jumlah angka keluarga miskin.

Camat katakan, pemerintah punya keterbatasan dalam menangani begitu banyaknya masalah sosial, perlu peran aktif masyarakat untuk ikut menyelenggarakan usaha kesejahteraan sosial sebagaimana diamanatkan UU Nomor 11 tahun 2009, salah satunya melalui gerakan Bapak Asuh ini.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra dalam sambutannya menyampaikan, dirinya mengapresiasi lahirnya GABAH PAYTIM. Yufnani Away katakan, keberadaan gerakan tersebut tentu akan mampu meringankan beban pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di Payakumbuh Timur.

Yufnani Away jelaskan, gerakan ini sangat bagus guna membantu pemerintah mengatasi kemiskinan. Pemerintah daerah sangat mengapresiasi inovasi yang dilahirkan Camat Payakumbuh Timur. Meski lahir dari kecamatan Payakumbuh Timur, kalau bisa diikuti oleh kecamatan lain.

Yufnani mengingatkan agar pengurus GABAH PAYTIM mampu menjalankan roda organisasi dengan baik dan penuh tanggungjawab. Mengurus masalah sosial sifatnya sukarela, jangan berharap akan mendapatkan imbalan.

Berbuat kebaikan pasti akan ada hambatan. Bapak ibu harus menjadi pribadi yang sabar. Jalankan amanah dengan penuh tanggungjawab serta mengedepankan prinsip transparansi, sebab yang akan dikelola adalah bantuan sosial bagi masyarakat.

Ketua GABAH PAYTIM yang baru dikukuhkan, Sepriyendi yang juga merupakan Ketua LPM Kelurahan Tiakar mengatakan pihaknya akan fokus mengurus masalah sosial dasar masyarakat, seperti bantuan pangan, sandang, papan, pendidikan dan kesehatan.

Sepriyendi katakan, prinsip gerakan ini adalah peduli sesama, donasi untuk sesama. Yang mampu mari bantu yang miskin. Yang kuat mari topang yang lemah. Insyaallah dengan semangat kebersamaan dan kesetiakawanan, berbagai masalah sosial yang dihadapi masyarakat bisa ditangani.

Adapun susunan kepengurusan GABAH PAYTIM adalah, Ketua dijabat Sepriyendi dibantu wakil ketua Seprianto. Sekretaris diemban Refliza, sedangkan bendahara dipercayakan kepada Rinaldo. Ketua TKSK Kecamatan Payakumbuh Timur, Indrayani dipercaya selaku Koordinator Bidang Data, sementara M. Affandy didaulat sebagai koordinator Bidang Humas dan Publikasi.

Apapun koordinator Bidang Jaminan Sosial ditugaskan kepada Beni Rahman, sedangkan Koordinator Bidang Dana diamanatkan kepada Sepriani. Adapun Camat Payakumbuh Timur diminta menjadi pembina bersama Ketua DPC LPM Kecamatan Payakumbuh Timur, Erry S. Djarens serta H. Eri Nazar (Eri Garuda) mewakili tokoh masyarakat.**

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *