AudioKota PayakumbuhPendidikanSafasindo News

Class Meeting , Sekolah SMAN 1 Payakumbuh Angkat Budaya Tradisi Daerah

1 Mins read

Sekolah SMAN 1 Payakumbuh jelang kegiatan menerima lapor dan kenaikan kelas dalam minggun ini jelang hari Sabtu adakan kegiatan class meeting. Dalam acar tersebut disamping mengadakan kegiatan lomba olahraga, sekolah juga mengadakan lomba tradisi permainan daerah.

Kepala sekolah Erwin Satriadi saat dihubungi, Rabu 15 Juni 2022 mengatakan jelang hari Sabtu besok 18 Juni kita disekolah mengadakan kegiatan class meeting. Kegiatan ini setiap tahun selalu diadakan disekolah setelah anak didik selesai melaksanakan ujian.

“Menariknya, kegiatan class meeting tahun ini jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Biasanya kita mengangkat acara perlombaan olahraga dan kesenian namun saat ini disamping itu, kita juga mengangkat lomba tradisi anak nagari daerah kita, yang sering dilakukan oleh anak-anak remaja,”kata Erwin.

Adapun jenis permainan tersebut Erwin jelaskan, diantaranya lomba main cak bur/hadang, lomba sumpik, main dore, main congklak, membuat layang2 dan main kili-kili. Sementara untuk majlis gurunya kita memakai pakaian adat tradisi daerah takuluak balango serta yang lainnya untuk perempuan dan baju guntiang cino untuk laki-laki, pakaian ini juga dipakai oleh siswa.

“Tujuan dan sasarannya adalah, disamping memeriahkan acara class meeting sekaligus kita menyampaikan dan memberitahukan kepada siswa akan keberagaman tradisi daerah kita dan juga banyaknya permainan daerah anak nagari kita. Walaupun sederhana namun nilai-nilai yang terkandung dalam permainan tersebut sangat lah banyak.”ungkap Erwin.

Acara class meeting akan berlangsung selama lima hari, mulai dari hari Senin dan berakhir hari Jumat. Pada hari Sabtu nya kita menyerahkan hadiah sekaligus memberikan lapor kepada siswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *