Kota PayakumbuhSafasindo NewsSumbar

Dari 7 Piagam Penghargaan Yang Diberikan Oleh BNN Sumbar, Tiga Diraih Oleh Payakumbuh

2 Mins read

Kota Payakumbuh mendapatkan 3 piagam penghargaan dari BNN Sumatra Barat, dalam Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN). Piagam tersebut diketahui setelah keluarnya Keputusan Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Barat Nomor: KEP / 159 / VI / KA/ PC.00.03/ 2021/BNNP Tentang Penerima Piagam Penghargaan tertanggal 25 Juni 2021.

Dalam surat itu, Kepala BNN Provinsi Sumbar Khasril mengapresiasi tokoh atau lembaga yang mendukung program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Provinsi Sumatera Barat, perlu diberikan piagam penghargaan.

Dari 7 yang mendapat piagam penghargaan se Sumatera Barat, 3 adalah dari Kota Payakumbuh. Untuk kriteria Perorangan diraih oleh Camat Payakumbuh Barat Junaidi, untuk kriteria Instansi Pemerintah diraih oleh kelurahan Nunang Daya Bangun, dan Lingkungan Pendidikan diraih SMAN 5 Payakumbuh.

Camat Junaidi yang dikenal dekat dengan masyarakat dinilai BNN telah aktif dalam upaya P4GN sejak tahun 2014. Saat bertugas di Kelurahan Bunian, Junaidi memprakarsai Kelurahan Bunian Bersih Narkoba dengan kegiatan tes urine dan pemberdayaan masyarakat dalam mencegah dan mengawasi peredaran gelap narkoba di kelurahan Bunian. Selain itu, Junaidi juga aktif mencarikan solusi bagi masyarakat Bunian yang ingin berubah dari ketergantungan narkotika.

Keaktifan Junaidi dalam P4GN tidak hanya dilakukan di Kelurahan Bunian saja, saat pindah ke Kelurahan Kapalo Koto. Dibalai pun Bapak Junaidi juga mengaktifkan Taruna Anti Narkoba. Kemanapun Junaidi Bertugas, dia selalu mengambil perhatian khusus terhadap permasalahan narkoba. Saat menjabat Camat Payakumbuh Selatan, Junaidi mendeklarasikan Kecamatan Payakumbuh Selatan Bersinar, dia membawa semua program P4GN seperti Satgas, Relawan, Agen Perubahan ke Kecamatan Payakumbuh Selatan.

Saat berdinas di Kecamatan Payakumbuh Barat, Junaidi mengembangkan program Kelurahan Bersinar pada kelurahan- kelurahan yang dipimpinnya. Konsistensi Junaidi selama lebih 8 tahun dalam P4GN yang menjadikannya layak mendapat penghargaan HANI 2021.

Kedua, ada Instansi Pemerintah Kelurahan Nunang Daya Bangun yang dinilai telah melakukan pembentukan Kelurahan Bersinar pertama di Kota Payakumbuh. Kelurahan Nunang Daya Bangun berinisiatif untuk menggandeng BNN dalam mengatasi permasalah narkoba. Kelurahan Nunang Daya Bangun menjadi pilot projek program Kelurahan Bersinar.

Saat ini Kelurahan Daya Bangun telah memiliki program IBM dan Agen Pemulihan, Ketahanan Keluarga dan Remaja, kegiatan olahraga rutin seperti kompetisi Badminton dan Silat, hingga pengembangan aspek spiritual bagi masyarakat. Sejak mencanangkan diri sebagai Kelurahan Bersinar, Nunang Daya Bangun sudah merehabilitasi beberapa warga mereka secara mandiri.

Ketiga, SMAN 5 Payakumbuh aktif dalam upaya P4GN sejak tahun 2019. Sejak penandatangan MoU dengan BNN, SMA N 5 Payakumbuh rutin melakukan upaya tes urine, sosialisasi P4GN, hingga konseling dan upaya rehabilitasi bagi siswa yang terdampak narkoba.

SMAN 5 Payakumbuh juga aktif dalam semua kegiatan P4GN yang diinisiasi BNN Kota Payakumbuh seperti rakor, pengisian acara, bimtek dan lain sebagainya. SMA N 5 Payakumbuh merupakan SLTA yang sangat konsisten dalam P4GN.

Dengan raihan prestasi ini, Wali Kota Riza Falepi saat dihubungi media, Sabtu 26 Juni, menyampaikan selamat kepada tiga peraih penghargaan dari Kota Payakumbuh sekaligus menyampaikan apresiasi kepada BNN provinsi Sumbar.

Walikota katakan, Alhamdulillah, ini adalah bukti konsistensi kita dalam memerangi narkoba di Payakumbuh, tugas ini memang bukan hanya dari pemerintah dan aparat hukum saja, tetapi masyarakat juga harus ikut aktif membentengi diri, keluarga, dan lingkungan dari jerat narkoba. Ada banyak generasi yang harus kita selamatkan dari barang haram ini.

Selain narkoba, Riza Falepi menyampaikan penanganan Covid-19, juga membutuhkan keseriusan dan kepedulian setiap orang.**

Related posts
Kota PayakumbuhOlahragaSafasindo News

Ingin Tau Berapa Biaya Beli Rumput Lapangan Sepak Bola Berstandar Nasional Di Payakumbuh, Ini Penjelasan Delni Putra

1 Mins read
Kota Payakumbuh segra akan memiliki lapangan sepak bola berstandar nasional, yang berada di kawasan Batang Agam Kelurahan Tanjung Pauh, Kecamatan Payakumbuh Barat….
Kota PayakumbuhSafasindo News

Gelar Rapat Paripurna, DPRD Dengarkan Pendapat Walikota Terkait 3 Ranperda Usulan DPRD Payakumbuh

5 Mins read
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh mendengarkan pendapat wali kota atas 3 buah Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Inisiatif DPRD dalam rapat…
AudioKota PayakumbuhSafasindo News

Payakumbuh Mulai Hari Ini Tak Pakai Masker, Dikenakan Sanksi

1 Mins read
Mulai hari ini, Operasi Yustisi telah dilaksanakan di Payakumbuh, Razia pelanggar protokol kesehatan yang tidak memakai masker. Bagi masyarakat yang terjaring razia,…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *