AudioKota PayakumbuhSafasindo News

Demo Tolak Kenaikan Harga BBM, Wakil Rakyat Payakumbuh Dukung Aksi Mahasiswa

1 Mins read

Aliansi Mahasiswa Payakumbuh Limapuluh Kota turun ke jalan melakukan aksi demonstrasi di depan kantor DPRD Kota Payakumbuh, Jumat 9 September 2022.

Mahasiswa yang didominasi oleh almamater hijau Universitas Andalas itu telah ditunggu oleh Wakil Ketua DPRD Wulan Denura serta Anggota DPRD Suparman, Yernita, dan Opetnawati. Tampak hadir Sekretaris DPRD Yon Refli dan Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira.

Dalam aksinya aliansi Mahasiswa menyuarakan 4 tuntutan kepada para wakil rakyat serta membacakan puisi.

Pertama menolak kenaikan harga BBM karena dampak buruk pada ekonomi masyarakat pasca pandemi. Kedua, menunda proyek strategis nasional yang tak berdampak langsung, alihkan ke subsidi BBM. Ketiga, meminta pemerintah dan SPBU untuk memperketat regulasi pemakaian BBM bersubsidi. Keempat, mendesak menteri keuangan melakukan transparansi dana subsidi BBM.

Wakil Ketua DPRD Wulan Denura mengatakan kondisi saat ini begitu genting, ribut, akibat kebijakan pemerintah yang meresahkan rakyat pasca pandemi Covid-19.

“Jujur, kami juga kaget dengan berita kenaikan BBM ini, kami berdiri di barisan mahasiswa, ingin agar BBM kembali ke harga semula,” kata Wulan.

Wulan sampaikan dirinya merasakan bagaimana bertambah sulitnya ibu-ibu rumah tangga yang setiap hari antar anak pulang pergi ke sekolah, para ayah yang mencari nafkah.

“Tuntutan yang disampaikan mahasiswa kami sepakati, hari ini akan kami sampaikan kepada pemerintah pusat,”sambung Wulan.

Suparman Anggota DPRD Payakumbuh dari Fraksi PKS menyatakan Fraksi PKS di seluruh Indonesia, mulai dari DPRD kota/kabupaten, provinsi, hingga DPR-RI sudah lebih dulu menolak bahkan sejak rencana kenaikan harga BBM.

Suparman jelaskan, barusan pada hari HUT Kemerdekaan RI yang ke 77 di momen 17 Agustus kita menyatakan, “bangkit lebih kuat, pulih lebih cepat”. Namun slogan ini menjadi tidak bermakna. Karena justru kenaikan BBM akan membuat seluruh sektor kehidupan ekonomi dan sosial menjadi terpapar.

“Kami tetap senada dengan rakyat, sejak awal menolak kenaikan harga BBM,” katanya.

Untuk mengamankan jalannya demonstrasi, petugas kepolisian, satpol PP, dan dishub dikerahkan.

Berikut komentar Suparman

Related posts
AudioBerita UtamaKota PayakumbuhSafasindo News

Awali Tahun Baru, Bamus DPRD Payakumbuh Susun Agenda Kerja Turun Kelapangan dan Rapat Kerja Komisi Bersama OPD

1 Mins read
Badan Musawarah( Bamus) DPRD Kota Payakumbuh dalam mengawali tahun baru 2023 lakukan rapat kerja dalam menyusun agenda DPRD tau menjadwalkan kerja untuk…
Berita UtamaKota PayakumbuhSafasindo News

DPRD Payakumbuh Sahkan Tiga Ranperda Menjadi Perda

3 Mins read
Tiga buah Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kota Payakumbuh disahkan oleh Wali Kota bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dalam Rapat Paripurna di…
Kota PayakumbuhPendidikanSafasindo News

Melalui Pokir Yernita, Pelatihan Khatib Jumat Digelar Selama 2 Hari

1 Mins read
Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) mengadakan pelatihan khatib Jumat bagi kader khatib yang ada di masjid-masjid di Kota Payakumbuh….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *