AudioKota PayakumbuhPendidikanSafasindo News

Dibawah Naungan DP3AP2KB Kab 50 Kota, Forum Anak Atasi Permasalahan Anak Demi Terpenuhi Hak-haknya

2 Mins read

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) mengundang Lembaga Forum Anak untuk menjadi narasumber dalam Talkshow kerjasama dengan Radio Safasindo, Jumat 15 Oktober 2021.

Talkshow dikemas dalam Program SAMARA Spesial, dengan tema Peran Forum Anak Sebagai 2P, dihadiri oleh tiga orang narasumber Agung Pratama Danil, Nasa Anugra Widia Hendri, dan Adira Putri Aisyah, sebagai anggota dari Forum Anak Kabupaten Lima Puluh Kota.

Adira sampaiakan, Forum Anak merupakan lembaga, perkumpulan, atau organisasi untuk mengangkat hak- hak anak.

Kehadiran forum anak yang sudah berdiri sejak 2016 disambut baik dan di fasilitasi oleh pemerintah, bahkan pemerintah menetapkan aturan terhadap pemenuhan hak-hak anak, seperti salah satunya penetapan aturan bahwa anak berhak untuk mempunyai akta kelahiran, sebagaimana diketahui bahwa akta kelahiran ini sangat dibutuhkan untuk berbagai kepentingan, seperti masuk sekolah, atau keperluan hal lainnya.

Agung menambahkan, kami biasanya setiap tahun dari forum anak daerah menyalurkan aspirasi yang dinamakan hak anak. Disini kami menyampaikan kepada pemerintah untuk meminta pertolongan, dan Alhamdulillah pemerintah merespon dengan baik, sekarang yang dulunya akta kelahiran dipandang sebelah mata oleh masyarakat Kabupaten 50 Kota, Alhamdulillah pemerintah sudah menyuarakan bahwasannya setiap anak di Kab 50 Kota wajib mempunyai akta kelahiran.

Selain itu pemerintah juga menyediakan fasilitas ruang bermain bagi anak-anak, dengan bantuan lembaga forum anak berkonstribusi dalam upaya pengalihan penggunaan gadget untuk melakukan hal-hal yang positif, dan mengajak anak-anak melakukan hal- hal yang positif, dan menikmati masa kanak-kanaknya. Ini dilakukan agar ada kenangan indah disaat dewasa nantinya, dan mereka terhindar dari permasalahan mental.

Selain itu forum anak juga berperan sebagai PP Pelapor dan Pelopor artinya pelapor adalah agen yang memberitahu permasalahan yang terjadi di lapangan, sedangkan Pelopor adalah tokoh yang akan memberi contoh yang baik kepada masyarakat, sebagaimana dijelaskan oleh Adira.

Salah satu contohnya, kami sebagai pelopor diajak oleh bapak/ibu dari dinas untuk melihat bagaimana proses pembuatan akta kelahiran, sehingga disitu kami jadi tahu apa pentingnya akta kelahiran. Contoh sebagai pelapor misalnya terjadi suatu kasus kekerasan terhadap anak di suatu daerah dan kami di sana bertindak dengan memberi tahu hal demikian kepada bapak/ibu dinas yang berwenang atas kasus tersebut.

Agung sampaikan, meskipun untuk saat ini pergerakan dari forum anak ini agak sedikit terhambat dikarenakan masa pandemi covid 19 yang menyebabkan semuanya harus dilakukan secara online, termasuk sosialisasi. Akan tetapi, peran forum anak ini tidak tinggal diam sehingga dalam situasi pandemi tetap masih bisa bergerak dengan bekerja sama dengan dinas terkait.

Diantara faktor-faktor yang mempengaruhi terhambatnya pemenuhan hak anak Adira jelaskan, adalah karena faktor jauhnya jarak antar daerah, sehingga ada beberapa daerah di Limapuluh Kota yang sulit untuk diakses sebab lokasi yang berada di pelosok.

Selain itu, faktor ekonomi juga menjadi alasan dari tidak terpenuhinya hak anak terutama dalam hak pendidikan, seperti dengan dibebankannya bekerja paruh waktu terhadap anak, sehingga setelah anak merasakan hasil yang didapat dari kerjanya anak menjadi malas untuk bersekolah, dan kurangnya dukungan dari orang tua terhadap pendidikan anak menyebabkan anak menjadi terhambat pemenuhan hak-hak nya.

Adira katakan, kuadrat seorang anak pada dasarnya hanyalah belajar dan bermain, sehingga baik itu pemenuhan ekonominya, kesehatan mentalnya merupakan tanggung jawab penuh orang tua. Kurangnya pengetahuan orang tua tentang bagaimana mendidik anak dengan baik? bagaimana tujuan anak ini hidup?, bagaimana melindungi anak? apa saja yang dibutuhkan anak? apa saja tanggung jawab orangtua terhadap anak? seharusnya orang tua mengetahui hal tersebut

Terkait hala tersebut, Adira berpesan bagi para orangtua atau anak-anak dimanapun berada , pertumbuhan anak itu tidak terlepas dari tanggungjawab orangtua, jadi diharapkan kepada orangtua agar selalu mengawasi dan memberikan pengetahuan dan penjagaan yang baik bagi anaknya karena mereka adalah masa depan bangsa.

Terakhir Adira menghimbau bagi bapak/Ibu dan bagi anak-anak yang ingin bergabung dalam forum anak bisa dengan menghubungi instagram forum anak Kab 50 Kota, atau bisa melalui email, dengan persyaratan berdomisili di Kabupaten Lima Puluh Kota, dan berusia dari 0 hingga 18 tahun.

Penulis: Annisa
Editor : Nedi
COPYRIGHT┬ęSAFASINDO 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *