AudioKota PayakumbuhSafasindo News

Diduga Arus Pendek, Satu Rumah Warga Kapalo Koto Andaleh Habis Dilalap Sijago Merah

1 Mins read

Satu buah rumah permanen milik Pepi usia lebih kurang 55 tahun warga Jorong Kapalo Koto Andaleh Kecamatan Luhak habis dilalap sijago merah. Kejadian terjadi sekira pukul 10 pagi jelang hari Jumat, kejadian ini menghebohkan warga sekitar dan langsung melaporkan kepetugas Damkar Limapuluh Kota.

Kepala Damkar Limapuluh Kota Alfian saat dihubungi Jumat sore 2 September mengatakan, sekitar pukul 10 pagi tadi Damkar Limapuluh Kota dapat telpon dan informasi dari warga masyarakat, bahwa ada terjadi kebakaran di Jorong Kapalo Koto Andaleh.

“Mengetahui informasi tersebut, kita langsung menurukan tim yang terdekat dari lokasi untuk segra melakukan pemadaman. Sementara dari posko induk kita juga menurunkan armada dan dibantu juga oleh armada Kota Payakumbuh. Hal ini dilakukan agar proses pemadaman bisa cepat dilakukan,”kata Alfian.

Alfian jelaskan saat tim sudah berada dilokasi, tim mendapatkan rumah tersebut sudah dilalap sijago merah. Selang beberapa waktu kedepannya tim telah bisa memadamkan api hingga pendinginan. Namun karna api begitu cepat membesar dan hampir semuanya sudah terbkar, rumah Pepi tidak bisa diselamatkan. Atap,loteng dan jendela semunya hangus terbakar.

“Tidak ada korban jiwa dari peristiwa ini, kerugian masih ditaksir, sementara dugaan api indikasi awal bersumber dari arus pendek,”ungkap Alfian.

Alfian sampaikan, dari peristiwa ini kepada masyarakat kita mengajak dan menghimbau agar tetap waspada. Bagi rumah warga masyarakat yang instalasi listriknya lebih dari 15 tahun agar bisa dicek ulang dan diperbaiiki. Berikutnya saat ada terjadi kebakaran kerumunan dan parkir kendraan jangan hendaknya menghalangi proses lajunya pemadaman. Disamping itu kita juga mengajak agar kepedulian dan kepekaan membantu reaksi cepat memadamkan api juga dilakukan oleh warga hendaknya, ketimbang banyak melihat , ambil foto, video dan yang lainnya.

Berikut komentar Alfian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *