AudioKota PayakumbuhSafasindo NewsSumbar

Dinas Kesehatan Payakumbuh Adakan Pelatihan DFI

1 Mins read

Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh adakan pelatihan Distrik Food Inspector (DFI). Kegiatan diadakan disalah satu hotel yang ada dipusat Kota Bukittinggi, dengan jumlah peserta kurang lebih 20 orang. Acara berlangsung selama 3 hari, Senin, Selasa dan Rabu , 26 hingga 28 Juli 2021.

Ns.Juli juwita S.Kep selaku Kepala Seksi Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh disela acara pembukaan mengatakan, hari ini kita dari Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh mengadakan pelatihan Distrik Food Inspector atau disingkat DFI. Kegiatan acara kita adakan selama 3 hari yang diadakan disalah satu hotel yang berada dipusat Kota Bukittinggi.

Juli Juwita sampaikan dalam kegiatan ini kita bekerjasama dengan pihak ketiga yang akan mengcover acara ini hingga hari terakhir. Adapun pesertanya Juli katakan adalah utusan dari masing-masing puskesmas yang ada di 5 Kecamatan yang ada di Kota Payakumbuh. Pada kegiatan pembukaan acara, kegiatan akan dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh dr.Bakhrizal,namun karna pimpinan ada kemalangan orang tuanya meninggal beberapa hari yang lalu, maka acara dibuka oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh A.Arifianto, S.STP.

Usai pembukaan acara, A.Arifianto didampingi Ns.Juli juwita kepada media sampaikan dimana kegiatan ini merupakan agenda pertama yang kita lakukan. Dalam kegiatan ini selama kegiatan berlangsung semua peserta menjalankan protokol kesehatan.

Adapun tujuan dari acara ini Arifianto katakan, untuk melatih tenaga kesehatan dibidang kesehatan pangan, sebagai perpanjangan tangan dari Dinas Kesehatan untuk turun kemasyarakat dalam mensosialisasikan terkait ilmu yang mereka dapatkan selama pelatihan, terutama bagi masyarakat yang bergerak dipengolahan makanan.

A.Arifianto samapaikan, dimana saat ini di Kota Payakumbuh ada sebanyak kurang lebih 300 industri rumah tangga pangan, sementara tenaga pengawas yang kita miliki untuk kesehatan pangan ini tidak seberapa. Untuk memenuhi dari standar kesehatan pangan masyarakat, melalui pengawas yang sudah terferifikasi, kita butuh banyak pengawas untuk itu.

Melalui kegiatan Pelatihan DFI ini Arifianto jelaskan, kedepan pangan yang akan dikomsumsi oleh masyarakat, sudah melalui pengawasan yang dilakukan oleh tenaga yang kita latih saat ini. Dengan pengawasan tersebut kita berharap kedepan pengawasan yang dilakukan bisa mewujudkan masyarakat Kota Payakumbuh yang sehat nantiknya.

Berikut komentar Arifianto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *