Kota PayakumbuhSafasindo News

Dua Guru Positif Covid-19, Dinas Kesehatan Payakumbuh Akan Lakukan SWAB Gratis Dihalaman Mesjid Muslimin

2 Mins read
Walikota Payakumbuh Riza Falepi bersama Kadis Kesehatan dr.Bakhrizal dan Kadis Pendidikan Agustion saat acara vidcom bersama awak media

Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Payakumbuh langsungkan jumpa pers melalui video conference bersama awak media yang bertugas di Luak Limapuluah. Jumpa pers melalui video conference berlangsung di kantor balaikota, Selasa 21 Juli 2020.

Hadir dalam jumpa pers tersebut Walikota Payakumbuh Riza Falepi ,Kepala Dinas Kesehatan dr. Bakhrizal,Kadis Pendidikan Agustion,Kadis Kominfo Jhon Kenedi, Kadis BPBD serta tim humas Kota Payakumbuh.

Walikota Payakumbuh selaku Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 menyampaikan dimana hari ini kita ada penambahan kasus positif Covid-19 warga kita dari tenaga pendidik. Setelah sebelumnya juga ada yang positif dari tenaga pendidik dari sekolah SMPN 4, inisial MS, 59 tahun warga Kelurahan Tanjung Gadang Sungai Pinago.

Dan hari ini warga kita yang positif tersebut yakni guru dari sekolah SMPN 3 inisial ELY, 54 tahun warga Kelurahan Nunang Daya Bangun, Kecamatan Payakumbuh Barat. Untuk perawatannya Walikota sampaikan kedua guru ini telah kita kirim ke Padang.

Dengan penambahan kasus ini, Walikota Riza Falepi, mengajak warga kota, agar tetap lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap Covid-19. Pandemi Covid-19, belum berakhir di negeri ini. Makanya, penerapan memakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun, merupakan kewajiban yang tidak boleh dilanggar.

Dalam era tatanan menuju hidup baru produktif ini, Riza Falepi sampaikan bukan berarti warga boleh seenaknya saja, mengindahkan protokol kesehatan. Sebaliknya, penerapan protokol kesehatan dalam seluruh aspek kehidupan, harus ditingkatkan.

Kepala Dinas Kesehatan dr.Bakhrizal sampaikan dimana kasus positif ini merupakan kontak dari kasus guru sebelum nya. Tertularnya guru yang kedua ini dari adanya kedekatan di mesjid, yakni di mesjid Muslimin. Bakhrizal jelaskan dimana ini merupakan kasus dari klaster baru. Untuk itu kita mengingatkan agar masyarakat untuk selalu waspada.

Terkait kasus ini Kadis Kesehatan katakan, Rabu atau Kamis 22-23 Juli, petugas Dinas Kesehatan Payakumbuh, akan melalukan tes SWAB kepada jemaah yang punya riwayat kontak dengan kedua guru tersebut. SWAB gratis itu, akan diadakan di halaman masjid setempat.

Bakhrizal sampaikan, hasil massal tes 600 SWAB di kelurahan, serta tes SWAB buat 700 guru, hanya ditemukan 2 guru terkonfirmasi positif covid-19. Namun, penularannya bukan karena hasil tes SWAB massal. Melainkan, terkontak sesama jemaah. Karena itu, tracking terhadap jemaah terus dilakukan dan kesadaran jemaah untuk SWAB, sangat diharapkan.

Sementara, kadisdik AH. Agustion, mengatakan, dengan temuan dua guru terkonfirmasi positif, terjawab sudah, kenapa Payakumbuh harus menunda belajar secara tatap muka di sekolah, hingga Desember mendatang. Menurut Agustion, ia tak bisa membayangkan, jika belajar tatap muka di sekolah, sudah dimulai, sejak 13 Juli lalu. Perkiraan Agustion, bakal banyak anak sekolah yang akan menjadi korban Covid-19. Penundaan belajar tatap muka, hingga Desember langkah tepat yang diambil gubernur.**

Related posts
Kota PayakumbuhSafasindo News

Jelang Bangun Mesjid Agung, DPRD Hearing Dengan Tokoh Agama dan Adat Kota Payapakumbuh

2 Mins read
Jelang pembangunan Mesjid Agung Payakumbuh yang Insyaalloh dilaksanakan pada awal tahun 2021 mendatang, DPRD Kota Payakumbuh langsungkan Hearing atau dengar pendapat dengan…
AudioKota PayakumbuhSafasindo News

Pelaksanaan Peringatan HUT RI Ke-75 Tahun Ini Dilaksanakan Secara Sederhana

1 Mins read
Asisten I Setdako Payakumbuh Yoherman mewakili Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi pimpin rapat persiapan HUT RI yang ke 75. Rapat berlangsung di…
AudioKota PayakumbuhPendidikanSafasindo News

Buat Metoda Belajar Lewat Radio Safasindo FM, Wawako Erwin Yunaz Acungan Jempol Buat OSIS SMAN 1 Payakumbuh

1 Mins read
Wakil Walikota Payakumbuh H Erwin Yunaz sambut baik dan apresiasi terobosan dan inofasi yang dilakukan oleh OSIS SMAN 1 Payakumbuh, yang membuat…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *