AudioBerita UtamaSafasindo NewsSumbar

Enam Kecamatan di Tanah Datar Terdampak Lahar Dingin Gunung Merapi

1 Mins read

Hujan deras yang melanda Sumatra Barat beberapa hari ini mengakibatkan bencana alam yakni Banjir Bandang dan Galodo. Akibatnya banyak rumah warga masyarakat yang rusak, selain itu peristiwa bencana alam ini juga merenggut nyawa manusia.

Dari informasi  yang dirangkum dari berbagai narasumber, baik itu dari Kepolosian Tanah Datar dan juga dari Posko BPBD Kabupaten Agam hingga Minggu malam data Korban yang meninggal sudah lebih dari 25 orang.

Banjir Bandang dan Galodo ini berasal dari lahar dingin Gunung Marapi yang sebelumnya juga telah pernah terjadi, namun peristiwa saat ini kejadiannya luar biasa dan terjadi dimalam hari sehingga banyak masyarakat yang tidak bisa menyelamatkan diri sehingga terseret arus Galodo dan juga tertimpa reruntuhan bangunan rumah.

Perinstiwa bencana alam ini menimpa dua daerah yakni Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Agam.

Dari pesan singkat  Bupati Tanah Datar  Eka Putra yang beredar di media sosial mengatakan, dimana peristiwa bencana alam Galodo dan Banjir Bandang ini melanda 6 kecamatan di Tanah Datar.

Adapun enam kecamatan itu yakni, Kecmatan X Koto, Kecamatan Batipuh, Kecamatan Sungai Tarap, Kecamatan V Kaum, Kecamatan Rambatan dan Kecamatan Pariangan.

Terkait peristiwa ini Eka Putra menghimbau dan mengajak agar warga masyarakat tetap tenang. “Saat ini semua elemen pemerintahan sedang melakukan langkah- langkah penanggulangan bencana dan juga dibantu TNI/Polri, PMI dan juga relawan dari seluruh elemen masayarakat,” kata Bupati.

Bupati sampaikan, para Walinagari untuk menetapkan lokasi pengungsian di nagari masing-masing. Selain itu Bupati juga sampaikan untuk mendirikan dapur umum. “Inilah saatnya untuk menunjukan bahwa kita semuanya bersaudara, bahu membahu dan bekerjasama  membantu saudara kita yang terkena musibah,” sambung Bupati Eka Putra.

Berikut komentar Eka Putra

 

Related posts
AudioBerita UtamaKota PayakumbuhLimapuluh KotaSafasindo NewsSumbar

Peduli Bencana Galodo Marapi, Wartawan Luak Limopuluah Galang Donasi di Pusat Kota Payakumbuh

1 Mins read
Selain aktif memberitakan kepada masyarakat umum terkait informasi bencana galodo gunung Marapi yang menimpa warga masyarakat di Kabupaten Agam dan Tanah Datar….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *