AudioKota PayakumbuhSafasindo News

Forum Peduli Luak Limopuluah Sambut Baik Pembangunan Payakumbuh Convention Hotel

1 Mins read
Yudilfan Habib Engku Sintal, tokoh masyarakat dari Forum Peduli Luak Limopuluah

Menyikapi rencana Pemerintah Kota Payakumbuh akan mendirikan Hotel Bertaraf Internasional kerjasama dengan investor,Yudilfan Habib Engku Sintal, tokoh masyarakat dari Forum Peduli Luak Limopuluah memberikan respon baik rencana pembangunan Payakumbuh Convention Hotel yang MoU nya telah ditandatangani Wali Kota Riza Falepi bersama Investor Korea beberapa waktu lalu.

Saat dihubungi melalui telpon Rabu 4 November 2020, Habib menyampaikan kita sambut baik rencana Pemko Payakumbuh. Karna hal tersebut sudah seharusnya ada didaerah kita, sehingga tamu yang datang tidak hanya sekedar lewat dan singgah melihat daerah kita, tapi mereka sudah bisa menginap di Hotel tersebut.

Terkait pembangunan hotel ini, Habib sampaikan Pemko dan DPRD secepatnya harus melahirkan regulasi dalam bentuk peraturan daerah (perda) peruntukan kawasan investasi pariwisata yang berwawasan lingkungan hidup (ekosistem). Menurutnya harus dibuatkan seperti Perda Investasi Ekowisata.

Hal tersebut dilakukan, kekhawatiran jika nantik ada masalah yang timbul, seperti dampak lingkungan, kecemburuan sosial serta yang lainnya dengan melibatkan beberapa unsur baik itu masyarakat sekitar dan niniak mamak hal tersebut bisa didiskusikan dan dibicarakan dengan baik. Sehingga kekwatiran yang akan timbul, dari dini sudah bisa dibicarakan dan diatasi.

Selain itu Habib katakan melalui regulasi yang jelas peruntukan tata ruang kota harus jelas juga, hal-hal seperti ini harus dipikirkan sedini mungkin oleh Eksekutif dan Legislatif, karna mereka ini legislasi yang baik untuk menyambut kepariwisataan.

Habib jelaskan dengan adanya hotel nantik, kita tidak hanya menjual penginapan bagi wisatawan tapi juga kita bisa menyuguhkan wisata kearifan lokal dan alam yang kita miliki baik yang ada di Kota Payakumbuh dan Limapuluh Kota. Karna Payakumbuh berada dititik pusat dari wisata yang abisa dikunjungi di Limapuluh Kota.

Berikut komentara Habib

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *