AudioKota PayakumbuhSafasindo NewsSumbar

Gelar FGD Bersama Balitbang Sumbar:Elzadaswarman, Payakumbuh Siap Untuk Pengembanagn Industri Halal

1 Mins read

Asisten II Elzadaswarman dalam acara Forum Grup Discussion ( FGD ) bersama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Barat, mengatakan dimana Kota Payakumbuh siap untuk lakukan pengembangan industri halal di Sumatera Barat.

Hal tersebut disampaikan oleh asisten II saat membuka acara FGD mewakili Walikota Payakumbuh yang diadakan di Aula Ngalau Indah Kantor Wali Kota Payakumbuh, Kamis11 Agustus 2022.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Bappeda Yasrizal, Perwakilan dari MUI Muhammad Sobri, serta OPD terkait. Sedangkan untuk narasumber dari UIN Ahmad Wira dan dari UNAND Aisman.

Asisten II Setdako Payakumbuh Elzadaswarman mengatakan dalam dua tahun terakhir perkembangan industri halal di indonesia semakin tumbuh dan ditargetkan pada tahun 2022 Indonesia menjadi pusat halal dunia oleh karena itu perlu peran semua pihak untuk mendukung program dimaksud agar terlaksana sesuai dengan harapan bersama.

“Kita ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat atas terpilihnya Kota Payakumbuh dari 3 kabupaten/kota di Sumatera Barat sebagai salah satu daerah yang menjadi objek penelitian dan pengembangan kawasan industri halal,”kata Elzadaswarman yang akarap dipanggil Om Zet.

Om Zet jelaskan, kesempatan ini tidak akan kami sia-siakan, besar harapan kami Kota Payakumbuh nantinya bisa menjadi percontohan Kawasan Industri Halal di Sumatera Barat hendaknya.

“Saat ini Kota Payakumbuh telah memiliki lima sentra industri yang ditetapkan dalam surat Keputusan Wali Kota Payakumbuh NOMOR 530/763/WK-KUPP/VI/2015 tentang pembentukan sentra produksi kecil Kota Payakumbuh yang merupakan salah satu penyokong perekonomian di Payakumbuh diantaranya Sentra Makanan Ringan, Sentra Randang, Sentra Tenun, Sentra Jamur dan Sentra Bambu,” unkap Om Zet.

Kota Payakumbuh membuka seluas-luasnya kepada tim peneliti Balitbang Provinsi bersama akademisi yang terlibat di dalamnya untuk mengeksplorasi sejauh mana perkembangan IKM Kota Payakumbuh terutama menyangkut kehalalan Produk makanan di Kota Payakumbuh.

Om Zet terangkan ini merpakan suatu peluang bagi kita, bagaimana kita mempersiakan kunjungan pariwisata dengan suguhan makanan yang halal. Untuk kita ketahui, zaman sudah berubah pariwisatapun, peningkatan ekonomi terutama UKM makanan atau kuliner ini memang unsur halal itu memang salah satu prioritas pokok.


Berikut komentar Om Zet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *