AudioKota PayakumbuhSafasindo NewsSumbar

Gubernur dan Kapolda Hadiri Acara Cabut Bai’at Massal Eks NII di Kabupaten Lima Puluh Kota

1 Mins read

Gubernur Sumatra Barat H.Mahyeldi dan Kapolda Irjen Pol Teddy Minahasa hadri acara cabut bai’at massal dan pengucapan sumpah setia jilid III kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia oleh mantan anggota NII. Acara tersebut berlangsung di Aula Kantor Bupati Lima Puluh Kota, Kamis 12 Mei 2022.

Kapolda Sumatera Barat (Sumbar) Irjen Pol Teddy Minahasa menyampaikan terima kasih dan apresiasi serta penghargaan yang setinggi tingginya atas kesadaran warga di Sumbar yang terpapar aliran radikalisme NII (Negara Islam Indonesia), dengan kesadaran tinggi kembali menyatakan kesetiaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kapolda jelaskan tenggang waktu yang saya berikan sampai 20 Mei, Alhamdulillah sebelum sampai 20 Mei seluruhnya telah cabut ba’iat. Dari jumlah yang diketahui dari Mabes Polri sebelumnya sebanyak 1.125 orang. Kemudian dari pengembangan yang dilakukan menjadi sebanyak 1.157 orang. “Jadi ada penambahan anggota NII 32 orang,” kata Kapolda kepada awak media.

Irjen Pol Teddy Minahasa menerangkan, dari yang telah di release di Kabupaten Dharmasraya adalah sebanyak 391 orang, kemudian di Kabupaten Tanah Datar 518 orang, dan untuk hari ini adalah 225 orang. Total yang sudah melakukan cabut ba’iat sebanyak 1.134 orang.

Kapolda katakan, 16 orang pertama telah dilakukan penangkapan, dan ada 7 orang yang meninggal dunia. Meninggal dunianya bukan karena penegakan hukum, tetapi sudah takdirnya meninggal dunia.

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi tingginya seluruh anggota NII yang telah sadar tanpa dipaksa -paksa menyatakan setianya kepada NKRI,” ungkap Kapolda.

Irjen Pol Teddy Minahasa sampaikan, kepada seluruh mereka yang telah kembali kepada NKRI tersebut, nantinya akan dilakukan pembinaan dan pengawasan serta monitoring secara bersama-sama dengan stakeholder dan juga elemen bangsa.

“Tugas kita para stakeholder tidak selesai sampai disini, kita tetap memiliki tanggung jawab moral. Kita harus menjadi garda yang terdepan dalam mencegah dan menangkal segala bentuk paham radikal yang merongrong kesaktian Pancasila dan mengganggu keutuhan NKRI,” ujarnya.

Berikut komentar Irjen Pol Teddy Minahasa

Sementara Gubernur H.Mahyeldi menyampaikan terimakasih kepada seluruh jajaran Forkopimda propinsi serta Forkopimda Kabupaten/Kota di Sumbar yang telah memberikan dukungan untuk pelaksanaan acara bai’at ini.

Kedepan Gubernur jelaskan, kita buat edaran kepada setiap RTdan Rw agar ada perhatian oleh Ketua RT dan RW disetiap Kelurahan dan Nagari, jika ada hal-hal yang mencurigakan dan indikasi-indikasi yang merusak persatuan dan merusak keutuahn bangsa ini, maka itu segra untuk dikoordinasikan dengan pihak kepolisian serta TNI.

Berikut komentar H.Mahyeldi

Related posts
AudioSafasindo News

Wabup Ferizal Ridwan Hadiri Musda BP4 ke XV

1 Mins read
Wakil Bupati Kabupaten Lima Puluh Kota Ferizal Ridwan hadiri Musyawarah Daerah Badan Penasehat dan Pelestarian Pernikahan (BP4) yang ke XV. Kegiatan acara…
AudioKota PayakumbuhNasionalSafasindo NewsSumbar

Masa Reses, Nevi Zuairina Serap Aspirasi Masyarakat Kabupaten Lima Puluh Kota

2 Mins read
Hj Nevi Zuairina Anggota DPR-RI Daerah Pemilihan Sumatra Barat II,yang berada di Komisi VI bermitra dengan Kementerian Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha…
AudioSafasindo News

Gerindra Lakukan Pendalaman Visi dan Misi Balon Kepala Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota

1 Mins read
Dewan Pimpinan Cabang Partai Gerindra Kabupaten Lima Puluh Kota langsungkan acara pendalaman visi dan misi bakal calon kepala daerah Kabupaten Lima Puluh…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *