AudioKota PayakumbuhSafasindo NewsSumbar

Gubernur Mahyeldi Kukuhkan Pengurus Perwanaliko Periode 2021 -2025

1 Mins read

Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, mengukuhkan pengurus Persatuan Walinagari (Perwanaliko) Kabupaten Limapuluh Kota Priode 2021-2025 di Aula Objekwisata Kampuang Sarasah, Nagari Tarantang, Kecamatan Harau, Rabu 31 Maret 2021.

Gubernur memuji program Perwanaliko dalam meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) generasi muda Nagari khusus remaja putus sekolah dengan memberikan pelatihan berbagai bidang keahlian dengan menggandeng Balai Latihan Kerja (BLK). Dengan harapan, bisa memanimalisir jumlah angka pengangguran di Limapuluh Kota.

Ketua Perwanaliko, Sudahri didampingi pengurus Perwanaliko, Abdul Malik, usai dikukuhkan Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, kepada media mengatakan, kita memiliki visi dan misi untuk fokus membenahi terkait peningkatan SDM remaja putus sekolah dimasing-masing Nagari.

Sudahri jelaskan kedepan bakal meminta data-data remaja putus sekolah kepada masing-masing nagari. Dengan harapan seluruh remaja putus sekolah dapat dilatih dan dididik oleh Balai Latihan Kerja (BLK) Sumbar dan Provinsi lainnya seperti Lampung.

Sudahri terangkan kita fokus dalam program peningkatan SDM remaja terutama yang putus sekolah untuk dilatih melalui BLK. Sehingga, mereka memiliki berbagai keahlian atau skill yang dapat dipergunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, Sudahri, memuji adanya program jaga Desa dari Kejaksaan. Dengan harapan , tidak ada lagi rasa ketakutan dan kekhwatiran dari Wali Nagari dalam melaksanakan program dan membelanjakan Anggaran Dana Desa (ADD). Dengan adanya program Jaga Desa dari Kejaksaan, Sudahri ucapkan terimakasih . Sehingga Wali Nagari tidak ada lagi tersandung kasus korupsi. Karena ada pendampingan dan petunjuk dari program Jaga Desa tersebut.

Meliaht kekompakan Wali Nagari se-Kabupaten Limapuluh Kota Buya Mahyeldi memuji hal tersebut, dalam menggerakkan potensi pembangunan dan memberdayakan potensi yang ada di Nagari. Selain itu, potensi Sumber Daya Alam (SDA) di Nagari cukup banyak dan perlu dimaksimalkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Untuk menggerakkan potensi pembangunan di Nagari. Gubernur katakan dana dari pemerintah bukan satu-satunya. Sesungguhnya, dengan covid-19 ini potensi di nagari itu ada. Semangat kekompakan itu ada di Nagari. Dan perantau lebih perhatian kepada Nagari dari pada Kabupaten Kotanya.

Untuk kesukesan dan kelebihan satu nagari, Gubernur sampaikan ini bisa dicontoh dan ditiru oleh nagari lainnya. Baik nagari, sukses nagari maka baik kabupatennya, maka baik Sumatra Barat dan juga baik NKRI ini.

Berikut komentar Mahyeldi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *