AudioKota PayakumbuhSafasindo News

Hari Pahlawan dan Peranan Seorang Ibu

1 Mins read

Setiap tanggal 10 November masyarakat di seluruh Indonesia memperingati hari pahlawan. Banyak makna dipersepsikan mengenai siapa yang pantas disebut pahlawan, karena tidak bisa sembarang orang dapat menjadi pahlawan. Hal tersebut disampaikan oleh Desfiwati, S.Pd, M, saat jadi narasumber di program “Samara” Radio Safasindo FM yang berlokasi di jalan Hamka no.14 kaning bukit Payakumbuh, Rabu siang 17 Bovember 2021.

“Jiwa pahlawan juga bisa dimulai dari rumah tangga kita” kata ibu Defi yang lebih akrab dipanggil umi sembari melanjutkan paparannya tentang arti pahlawan ini.

Banyak hal mungkin bisa mengajarkan kita untuk menyelamatkan bangsa dan generasi masa depan dengan memulai nya dari rumah yang kita ubah menjadi syurga bagi penghuninya.

Ajarkan anak untuk menjadi pahlawan bangsa dengan menjaga rumah tangga kita, karena mebangun bangsa bermula dari kekokohan rumah tangga dan ketahanan rumah tangga. “Madrasatul ula ada dikeluarga sebagai benteng utama dari segala bahaya mengancam” sambung Umi yang juga menjabat Kepala Sekolah SMPN 2 Payakumbuh, sekaligus pernah sebagai finalis kepsek terbaik nasional tahun 2018 lalu.

Untuk menjadikan keluarga yang berkualitas, maka dibutuhkan perjuangan seorang ibu yang berkualitas pula. “Jadi persepsi selama ini bahwa pahlawan itu orang yang berjuang berdarah- darah dan orang yang gugur di medan perang itu dulu, sekarang banyak bisa kita sematkan gelar pahlawan seperti guru dan ibu rumah tangga, karena peranan seorang ibu dalam rumah tanggalah maka semua anggota keluarga bisa menikmati nya,” katak Umi Defi

Al um madrasatun, Ibu adalah pendidik pertama dan utama. Ibu adalah sekolah bagi anak anaknya, hal ini dimulai dari anak masih dalam kandungan sampai waktu yang tak terbatas. Ibu lah sebagai tempat kembali bagi anak-anaknya, ibu lah yang memberi kedamaian anaknya, dan kata katanya “sakti” dan doa- doa nya di ijabah oleh Allah.

Jadi jika dilihat dari kriteria diatas pahlawan sekarang itu adalah Ibu, Ibu memiliki semua kriteria pahlawan. Dominan, peduli, kharismatik, inspiratif, tangguh dan tanpa pamrih. Dalam islam posisi seorang Ibu sangat istimewa, karena dari tangannya terbangun peradaban dunia.

Berikut penjelasan Umi Defi

Related posts
AudioLimapuluh KotaSafasindo News

Berjalan Dengan Khidmat, Dandim 0306/50 Kota Jadi Irup Upacara Hari Pahlawan ke 77

2 Mins read
Teladan dari para pahlawan bangsa yang telah merasuk sukma, kiranya menjadi semangat peringatan hari pahlawan tahun ini, Pahlawanku Teladanku. Dengan semangat ‚ÄúPulih…
Kota PayakumbuhSafasindo News

Hari Pahlawan, Ketua DPRD Hamdi Agus : Anak Muda Jangan Lupakan Sejarah

1 Mins read
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh Hamdi Agus menjadi inspektur dalam upacara tabur bunga yang diselenggarakan di Jembatan Ratapan Ibu…
Kota PayakumbuhSafasindo News

Hari Pahlawan, Wulan Denura Pimpin Tabur Bunga di Jembatan Ratapan Ibu

1 Mins read
Wakil Ketua DPRD Kota Payakumbuh Wulan Denura pimpin pelaksanaan tabur bunga di Jembatan Rataban Ibu, pada hari pahlawan tahun 2021 dengan tema…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *