Berita UtamaLimapuluh KotaSafasindo News

Hujan Deras, Beberapa Daerah di Limapuluh Kota Dilanda Banjir dan Longsor

1 Mins read

Dandim 0306 Limapuluh Kota Letkol Inf Adri Asmara Yudha meninjau banjir di daerah Taram

 

Tingginya intesistas hujan yang melanda Limapuluh Kota beberapa hari ini membuat debit air di sejumlah batang air naik dan menggenangi pemukiman warga dan juga lahan pertanian masyarakat. Selain itu dampaknya juga terjadi longsor di beberapa titik ruas jalan Sumbar Riau yang mengakibatkan sempat terhenti arus jalan raya.

Dari informasi yang dihimpun dari media sosial melalui group WhatsApp Kodim 0306 Limapuluh Kota, dimana ada sejumlah titik yang dilanda banjir diantaranya Taram, sedangkan yang terjadi logsor yakni ada 3 titik jalan Sumbar Riau diantaranya dibawah kelok 9 dan di Koto Alam.

Dandim 0306 Limapuluh Kota Letkol Inf Adri Asmara Yudha melalui tim dilapangan menyampaikan, dimana hingga jam 01 dinihari pembersihan material longsor yang menimbun badan jalan terus dilakukan.

Sementara informasi dari rekanan awak media yang barusan pulang dari Pekanbaru yang terjebak longsor di daerah kelok 9 dimana pagi harinya sekitar jama 5 pagi rombongan jurnalis telah tiba di Payakumbuh dengan selamat semuanya dan jalan Sumbar Riau sudah bisa dilalui kembali.

“Menyikapi situasi dan kondisi saat ini yang sering terjadi hujan melanda Limapuluh Kota dan Payakumbuh Dandim menghimbau agar masyarakat tetap berhati-hati jika ada perjalanan keluar kota. Jika intesitas hujan lebat sebaiknya tidak lakukan perjalan, karna situasi daerah kita saat ini banyak dilanda musibah bencana alam,” kata Dandim.

Sementara informasi dari Walinagari Taram Dt.Hitam kepada wartawan mengatakan, sampai minggu malam 12 Mei ada sekitar 50 rumah yang terendam banjir dan puluhan lahan pertanian masyarakat pun terimbas akibat banjir yang melanda jorong Subarang nagari Taram.

Keterangan Foto, Banjir didepan sekolah SMPN 3 Tarontang

Selain daerah Nagari taram, Nagari Tarontang, jelang Harau juga terendam banjir. Dari pantauan dilapangan hingga pukul 8 pagi Senin 13 Mei air sudah merembes dan naik hingga kebadan jalan sekitar 15 cm di beberapa titik. Sementara untuk arus kendraan roda dua dan roda empat masih lancar.

Dari infomasi warga yang berada dilokasi banjir di Nagari Tarontang mengatakan, beberapa jam kedepannya situasi dan debit air akan turun. Namun jika hujan deras kembali turun tentu akan lama surutnya.

Saat ini tim media Radio Safasindo masih tetap melakukan koordinasi dengan pihak terkait, untuk situasi terbaru terkait musibah bencana alam yang melanda Limapuluh Kota.

Related posts
AudioBerita UtamaLimapuluh KotaSafasindo News

Hujan Deras, 7 Jorong Di Nagari Pangkalan Terendam Banjir

1 Mins read
Intesistas hujan yang tinggi melanda Kabupaten Lima Puluh Kota mengakibatkan sejumlah daerah terendam banjir dan juga beberapa titik terjadi longsor, akibat nya…
AudioBerita UtamaLimapuluh KotaSafasindo News

Hujan Deras, 100 KK dan 30 H Lahan Pertanian Di Jorong Tarantang Terkena Dampak Luapan Air Batang Harau

1 Mins read
Hujan deras yang melanda Limapuluh Kota serta daearah lainnya mengakibatkan air yang mengalir dialiran sungai dan bandar naik kepermukaan. Dampak dari luapan…
AudioKota PayakumbuhSafasindo News

Aliran Irigasi Rusak Jalan Putus, BPBD Limapuluh Kota Serta Dinas Terkait Lakukan Gerak Cepat Untuk Tangani Dampak Hujan Deras

1 Mins read
Kabupaten Lima Puluh Kota dan daerah sekitarnya beberapa hari ini diguyur hujan dengan intesitas ringan sedang dan lebat. Akibat diguyur hujan tersebut…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *