AudioKota PayakumbuhSafasindo News

Hujan Disertai Angin Puting Beliung, Atap Rumah Warga Di Nagari Gurun Terbang dan Rusak Berat

1 Mins read

Hujan deras dan disertai angin kencang yang melanda daerah Kabupaten Lima puluh Kota sekitar 15.00 WIB sore tadi mengakibatkan sejumlah atap rumah warga terbang dan rusak berat. Selain atap rumah warga yang rusak pohon tumbang yang berada dekat jalan juga menimpa kabel listrik PLN sehingga mengakibatkan arisan listrik saat ini putus.

PLT Kepala BPBD Kabupaten Limapuluh Kota Rahmadinol saat dihubungi mengatakan, sekitar pukul 15.00 WIB sore tadi dirinya melihat dan memantau dimana Limapuluh Kota dilanda hujan deras disertai ada butiran es yang turun. Melihat situasi tersebut Rahmadinol prediksi akan terjadi hujan deras disertai dengan angin puting beliung.

Rahmadinol jelaskan dirinya langsung menyampaikan kepada rekan yang lain untuk memantau dan melihat jika ada rumah warga yang terkena angin puting beliung tersebut.

“Jelang hujan reda,BPBD Limapuluh Kota dapat informasi dari warga Nagari gurun bahwa ada 4 buah rumah warga dan satu bangunan sekolah disana atapnya rusak akibat diterjang angin puting beliung,”kata Rahmadinol.

Dari 4 rumah tersebut Rahmadinol sampaikan,satu rumah warga bagian dapur, atapnya rusak berat dibawa terbang angin puting beilung. Sore ini bersama unsur Forkopinca akan turun kelapangan dan besok pagi kita akan melakukan goro bersama membersihkan material yang terkena puting beliung, bersama pemerintahan Kecamatan dan nagari, Satpol PP serta dari Damkar.

Selain dinagari Gurun Kecamatan Harau dinagari Taeh Kecamatan Payakumbuh juga terkena dampak angin puting beliung tersebut. Dimana satu buah pohon juga tumbang dan saat ini telah dievakuasi oleh TRC BPBD membersihkan material kayu tersebut.

“Pohon tumbang ini selain di Taeh, dekat Kompi C juga ada pohon yang tumbang dan menutupi badan jalan. Saat ini tim BPBD sedang koordinasi dengan PLN untuk mematikan aliran listrik sementara untuk membersihkan material kayu yang menutupi sebahagian badan jalan,”ungkap Rahmadionol.

Tidak ada korban jiwa dari peristiwa ini, Rahmadinol ingatkan agar warga masyarakat tetap waspada dengan situasi saat ini. Untuk kerugian saat ini tim masih mendata, berapa kerugian warga masyarakat akibat terkena musibah angin puting beliung yang menimpa rumahnya.

Walinagari Gurun Taslimi Pratam Prawira melalui pesan WhatsApp mengatakan benar ada rumah warganya yang terkena musibah akibat diterjang angin puting beliung. Adapun rumah warga tersebut berada di jorong Lubuak Jantan. Peristiwa ini telah kita laporkan ke BPBD Lima Puluh Kota. “Kita dari pemerintahan nagari telah mengunjungi rumah tersebut dan besok pagi akan lakukan goro bersama untuk membersihkan puing yang terkena angin puitng beliung tersbut,”kata Walinagari.

Berikut komentar Rahmadinol

Related posts
AudioKota PayakumbuhSafasindo News

Aliran Irigasi Rusak Jalan Putus, BPBD Limapuluh Kota Serta Dinas Terkait Lakukan Gerak Cepat Untuk Tangani Dampak Hujan Deras

1 Mins read
Kabupaten Lima Puluh Kota dan daerah sekitarnya beberapa hari ini diguyur hujan dengan intesitas ringan sedang dan lebat. Akibat diguyur hujan tersebut…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *