Kota PayakumbuhSafasindo NewsSumbar

Humanity Food Bus ACT, Dapur 12 Meter Berjalan Segra Hadir di Luak Limopuluah

1 Mins read

Humanity food bus adalah sebuah armada dari ACT dan pengembangan dari armada-armada sebelumnya yaitu food truck, food van. Dan dari food bus ini nantinya akan disajikan makan siap saji bergizi untuk masyarakat kurang sejahtera, anak-anak yang kurang gizi, dan siswa-siswa dari pihak pesantren.
Awal diluncurkan food bus untuk Sumatera Barat ini adalah karena banyaknya anak-anak Sumbar yang mengalami gizi buruk. Namun Dana Kurnia selaku Branch Manager ACT Payakumbuh mengatakan bahwa food bus ini hadir tidak hanya untuk memenuhi gizi, tapi juga untuk dapur umum ketika ada bencana alam.

Sebelum diimplementasikan, terlebih dahulu dilakukan assessment atau survei. Dan Muhsin saat diwawancarai setelah talkshow yang diadakan oleh pihak Safasindo pada 30 September 2021 mengatakan bahwasannya food bus sekarang ini sudah punya beberapa tempat sebagai tujuan disalurkan makan siap saji dari program dapur 12 meter berjalan, seperti tempat pembuangan akhir (TPA) di Payakumbuh Selatan, terus pondok pesantren wisma di Payakumbuh Selatan, dan di dekat Mal Pelayanan Publik yang nantinya akan dilaunching food bus ini.

“Dan untuk makanan-makanan yang akan disalurkan itu akan di bawa oleh MRI atau relawan ACT” ujar Muhsin.

Sementara itu, Dana Kurnia mengatakan bahwa teknis food bus ini nantinya tidak berkeliling membagikan makanan, melainkan relawan ACT lah yang akan mengantarkannya ke rumah-rumah warga yang sudah di survei. Adapun food bus ini nantinya berkeliling, namun itu hanya sebagai tempat/titik untuk memasak.

Sedangkan untuk porsinya sendiri, Dana mengatakan paling banyak itu 15.000 porsi sehari, sedangkan paling sedikit itu ada 100-300 porsi. Dan makanan ini nantinya adalah makanan 4 sehat 5 sempurna.

Sumatera Barat ini menjadi provinsi pertama luar Jawa yang menghadirkan food bus ini. Dan untuk jadwal food bus di Sumatera Barat sendiri, saat ini sudah berjalan selama 4 hari di Kota Padang, dan setelah itu pindah ke Bukittinggi dan baru ke Payakumbuh. Dan untuk di Payakumbuh sendiri, Dana mengatakan food bus ini kemungkinan akan hadir tanggal 11 Oktober mendatang, dan rencananya food bus akan berada selama 4 hari di Payakumbuh

Dana berharap bahwa setelah selesai keliling di Sumatera Barat, food bus menetap saja di Sumatera Barat. Kalau bisa, uang saja yang balik ke pusat.
“Seperti kata orang Minang, bahwa kalau sudah datang pantang untuk balik”, Tambah Dana.

Dan di food bus ini nantinya akan ada 1 kapten chef dan 1 asisten kapten yang akan memasak untuk dibagikan kepada pihak yang sudah ditargetkan.

Penulis: Rindi F
Editor : Nedi
COPYRIGHT┬ęSAFASINDO 2021

Related posts
Kota PayakumbuhSafasindo NewsSumbar

Humanity Food Bus ACT Akan Hadir di Payakumbuh, Pastikan Distribusi Pangan Bergizi Setara Hotel Bintang 5

1 Mins read
Armada Humanity Food Bus dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) segera hadir di Sumatera Barat. Food bus pertama di Indonesia ini, memiliki komponen…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *