AudioKota PayakumbuhSafasindo News

Jelang Lebaran, KALAKSA BPBD Rahmadinol Ajak Pemudik Untuk Hati-Hati Lalui Jalur Sumbar – Riau

1 Mins read

Melihat kondisi cuaca yang tak menentu belakangan ini dan daerah Kabupaten Lima Puluh Kota sering diguyur hujan deras. Terkait hal tersebut BPBD Kabupaten Lima Puluh Kota mengajak agar pengguna jalan raya untuk hati-hati melalui jalur Sumbar-Riau, apalagi perantau sebentar lagi akan pulang kampung.

Plt. KALAKSA BPBD Kabupaten Limapuluh Kota, Rahmadinol saat dihubungi Senin sore 18 April 2022 mengatakan, selama kurang lebih seminggu ini daerah kita diguyur hujan dengan intensitas yang berbeda, tinggi dan sedang. Terkait hal tersebut mengingat sebagian besar daerah perbukitan kita labil dan dilalui jalan Nasional dan Propinsi, kita mengajak agar pengguna jalan raya untuk selalu hati-hati dan waspada.

Rahmadinol jelaskan beberapa titik yang rawan longsor diantaranya jalan Nasional Sumbar-Riau tepatnya di Nagari Koto Alam, Manggilang dan Pangkalan, daerah tersebut daerah yang rawan terhadap bencana banjir dan longsor.

“Kita mengajak kepada perantau yang akan pulang kampung dan juga masyarakat umum yang melalui jalan Sumbar-Riau untuk hati-hati karna sewaktu-waktu tanah perbukitan tersebut bisa saja longsor. Karna sering diguyur hujan dan tanahnya lembab akhirnya longsor,”kata Rahmadinol.

Selain jalur Sumbar-Riau Rahmadinol juga ingatkan pemudik yang masuk dan keluar Sumbar untuk waspada jalan longsor dan bencana banjir diantaranya,Gunang Omeh,Bukik Barisan,Kecamatan Payakumbuh, Harau,Mungka dan Situjuah serta Kecamatan Lareh Sago Halaban daerah tersebut juga sering terjadi longsor karna tanah perbukitannya juga labil.

“Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, dirinya berharap agar pemudik dan pengguna jalan raya yang melintasi daerah rawan longsor itu untuk sabar dan istirahat sejanak ketika hujan deras turun, setelah reda baru dilanjutkan kembali, tutur Kalaksa BPBD Limapuluh Kota itu.

Sementara untuk penempatan personil Rahmadinol sampaikan, kita menunggu instruksi selanjutnya, sebelumnya beberapa hari yang lalu kita mengikuti Rakor bersama Kapolri melaluui Zoom yang diadakan serentak se Indonesia. Untuk kelancaran arus mudik dan tugas lainnya Rahmadinol katakan kita siap bekerjasama dengan tim yang lainnya dan juga akan menempatkan anggotanya disejumlah titik yang rawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *