Kecamatan Payakumbuh Utara Adakan Pra Musrenbang

Kecamatan Payakumbuh Utara Adakan Pra Musrenbang

Kecamatan Payakumbuh Utara adakan Pra Musrembang tahun 2020. Kegiatan acara berlangsung diaula kantor camat Payakumbuh Utara, Senin 10 Februari 2020. Adapun tema yang diangkat yakni Peningkatan Kualitas SDM Guna Memacu Kompetitif Daerah Sebagai Landasan Ekonomi Yang Kuat.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanan Pembangunan Nasional (SPPN). Dalam pasal 1 ayat (21)dinyatakan bahwa Musrenbang adalah forum antar pelaku dalam menyusun rencana pembangunan nasional dan rencana pembangunan daerah.

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) kecamatan adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan/stakeholders di tingkatkecamatan, untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan, terkait yang didasarkan pada masukan dari hasil Musrenbang kelurahan, serta menyepakati rencana kegiatan lintas kelurahan di kecamatan yang bersangkutan.

Masukan tersebut sekaligus sebagai dasar penyusunan Rencana Pembangunan Kecamatan, yang akan diajukan kepada SKPD yang berwewenang, sebagai dasar penyusunan Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah pada tahun berikutnya. Musrenbang kecamatan dilakukan setiap tahun pada bulan Februari dengan luaran berupa Dokumen Rencana Pembangunan Kecamatan serta masukan untuk Renja SKPD Kecamatan.

Pra musrenbang di ikuti 9 kelurahan dan LPM, yang ada di kecamatan Payakumbuh Utara serta ketua RT/RW dan tokoh masyarakat. Selain itu Pra Musrembang juga dihadiri ketua KAN koto nan gadang Dt, Patiah Baringek, bundo kanduang, PKK serta anggota DPRD asal pemilihan kecamatan Payakumbuh Utara, H,Dt Muntiko Alam, Mustafa dari PKS, Muhammad Ridho dari Nasdem, Dt. Rangkayo Mulia dari PPP, Wirman Putra, Dt.Rajo Mantiko Alam dari Golkar, Syafrizal dari PBB dan wakil ketua DPRD Armen Fenindal dari Demokrat.

Pra Musrenbang dibuka secara resmi oleh camat Payakumbuh Utara Deafitawarni, sekaligus bertindak sebagai moderator. Dalam sambutannya Deafitawarni sampaikan dirinya berharap usulan pada acara ini kedepan tidak ada lagi yang tidak dilaksanankan.

Berikut komentar Deafitawarni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *