AudioKota PayakumbuhSafasindo News

Kemenag Payakumbuh Sore Ini Akan Lakukan Rukyat Hilal

1 Mins read

Kementrian Agama Kota Payakumbuh sore ini akan lakukan rukyat hilal untuk penetapan jatuhnya 1 Ramadhan 1443 H. Rukyatul hilal adalah proses pengamatan ketampakan hilal saat Matahari terbenam menjelang awal bulan pada kalender Hijriah. Aktivitas mengamati visibilitas hilal dilakukan dengan mata telanjang atau alat bantu optik seperti teleskop. Hilal sendiri adalah fase bulan sabit setelah bulan baru.

Kepala Kementrian Agama Kota Payakumbuh Ramza Husmen saat dihubungi Jumat 1 April 2022 mengatakan, sore ini menjelang malam kita akan melakukan rukyat hilal. Hal ini untuk melihat atau penetapan jatuhnya 1 Ramadhan.

“Setelah kita melakukan rukyat hilal, kita akan melaporka hasilnya nantik ke Kanwil, selanjutnya Kanwil akan melaporkan kepusat. Untuk penetapan 1 Ramadhan kita akan menunggu hasil pengumuman dari pemerintah,” kata Ramza Husmen.

Ramza Husmen sampaikan dimana sore ini atau malam nantik pemerintah pusat akan menyampaikan dan mengumumkan jatuhnya awal 1 Ramadhan.

Terkait adanya warga masyarakat yang melaksanakan ibadah puasa, ada yang hari Sabtu dan Minggu, Ramza Husmen jelaskan hal ini sudah biasa. Ada yang melakukan secara rukyat dan ada yang menurut Hisap.

Berikut komentar Ramza Husmen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *