AudioKota PayakumbuhPendidikanSafasindo News

Kerjasama Dengan Polres Payakumbuh dan Puskesmas Tarok, SDN 11 Adakan Sosialiasi Vaksinasi Usia 6-11 Tahun

2 Mins read

Sekolah SDN 11 Payakumbuh yang beralamat dijalan Prof. Dr. Hamka No.2/II, Kelurahan Padang Kaduduk, Kec. Payakumbuh Utara, adakan sosialisasi vaksinasi anak umur 6 hingga 11 tahun. Kegiatan tersebut kerjasama dengan Polres Payakumbuh dan Puskesmas Tarok, Jumat 14 Januari 2022.

Acara sosialisasi tersebut dihadiri Wakil Walikota Payakumbuh H. Erwin Yunaz, Kepala Sekolah SDN 11 Syufriati, Kasat Bimas Polres Payakumbuh AKP Yuneldi, tenaga kesehatan Puskesmas Tarok, Ketua Komite sekolah serta walimurid SDN 11 Payakumbuh.

Wakil Wali Kota Erwin Yunaz dalam sambutannya mengatakan, terkait vaksinasi ini dirinya berpesan kepada orang tua siswa, guna lebih menyakinkan untuk memberikan vaksin kepada anak, maka harus banyak bertanya kepada narasumber yang berkompeten.

“Tanyakanlah apa yang masih terasa mengganjal oleh bapak/ibu. Vaksinasi Covid-19 ini tidak semena-mena dilakukan, harus disosialisasikan dan diinformasikan dahulu terkait vaksin ini. Alhamdulillah, berkat kepatuhan masyarakat kepada pemerintah, vaksinasi di Kota Payakumbuh sudah diatas 80 persen, status kota ini sudah hijau,” kata Erwin.

Kepala SDN 11 Payakumbuh Syufriati menyampaikan, pihak sekolah memfasilitasi sosialisasi sekaligus siap memfasilitasi pelaksanaan vaksinasi bagi anak didiknya nanti. Pihak sekolah berupaya melakukan pendekatan yang persuasif dan edukatif kepada orang tua siswa agar mau berkenan memvaksin anak mereka, karena ini penting guna melindungi anak-anak dari bahaya paparan Covid-19.

“Agar anak didik kita bisa vaksin, kita dari pihak sekolah pertama lakukan sosialisasi seperti saat ini, berikutnya memberikan formulir kepada anak didik untuk diisi oleh orang tuanya selanjutnya dikembalikan,terus kita lakukan pendekatan anak didik dan orang tua agar bisa menjalani vaksinasi,” kata Syufriati

Salahsatu orang tua siswa Rezi Indra Warga Tigo Koto Diate menyampaikan secara pribadi mereka masih agak berat memberikan vaksin kepada anak, namun mereka juga sadar akan pentingnya vaksin untuk melawan pandemi ini. Dirinya menyampaikan harapan untuk melegakan kekhawatiran orang tua selama ini dengan solusi dan tanggung jawab dari pemerintah bila sewaktu-waktu terjadi hal yang tak diinginkan kepada anak mereka pasca vaksinasi.

“Yang kami khawatirkan adalah bila kejadiannya anak masuk rumah sakit, nah biaya berobatnya nanti gimana? Biaya kami yang harus meninggalkan pekerjaan bagaimana? Rasa takut dengan vaksinasi ini juga karena kami dihantui oleh kabar-kabar miring vaksinasi di media sosial, entah itu hoax atau apapun namanya tentu sedikit banyaknya mempengaruhi,” kata Rezi.

Rezi juga berharap pemerintah dapat meyakinkan masyarakat dengan lebih dekat, karena banyaknya pertimbangan atas vaksinasi yang menarget anak usia 6-11 tahun ini.

Sementara Kasat Bimas Polres Payakumbuh AKP Yuneldi mengatakan, diaman program vaksinasi ini secara nasional sudah di atas 70 persen, pemerintah kedepannya menyasar anak umur 6-11 tahun. Pihak kepolisian ikut ke lapangan untuk membantu mengajak warga agar mau memberikan vaksin kepada anaknya.

“Edukasi dan sosialisasi gencar dilaksanakan. Hingga saat ini tak ada sanksi kepada masyarakat yang tak mau divaksin, tapi kita akan terus mengajak mereka demi kebutuhan kesehatan. Jumlah sekolah di Kota Payakumbuh ada 82, sampai sekarang sudah 55 SD yang dilaksanakan sosialisasi,” katanya.

Related posts
Kota PayakumbuhSafasindo News

Polres Payakumbuh Terima Penghargaan Dari KPPN Bukittinggi

1 Mins read
Polres Kota Payakumbuh terima penghargaan dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Bukittinggi, sebagai terbaik II Nilai Indikator Kinerja Pelaksana Anggaran (IKPA). Pemberian…
AudioKota PayakumbuhPendidikanSafasindo News

Kerjasama Dengan Dinas Kesehatan dan Polres, Insan Cendekia Boarding School Payakumbuh Adakan Vaksinasi Perdana

1 Mins read
Insan Cendekia Boarding School (ICBS) Payakumbuh adakan program Vaksinasi pertama untuk santri-santrinya. Kegiatan ini kerjasama dengan Polres Payakumbuh serta Puskesmas Tarok. Kegiatan…
Kota PayakumbuhSafasindo News

Tim KRYD Polres Dan Tim 7 Pemko Payakumbuh Lebih Intensif Dalam Razia Yustisi Prokes Dan Pelanggaran Perda Lainnya

2 Mins read
Pada minggu terakhir bulan ramadhan 1442 H tahun ini, Tim Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) merupakan Tim khusus yang dibentuk polres yang…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *