Safasindo News

Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim (KAMMI) Luak Limo Puluah Lakukan Long March Dan Orasi

1 Mins read

Payakumbuh – Safasindo News.Sekitar 50 an mahasiswa dan mahasiswi Luak Limo Puluah yang tergabung dalam Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) cabang kabupaten lima puluh kota melakukan aksi damai di tugu adipura Payakumbuh pada sabtu sore 4/01/2020.
Aksi massa KAMMI ini di komandoi M. Rizki Hidayatullah sekaligus kordinator aksi mengatakan, “Aksi ini adalah bentuk protes terkait dugaan diskriminasi yang menimpa etnis muslim Uighur di China.”

“Kami menuntut diskriminasi terhadap kaum muslimin di Uighur China, aksi kami ini juga ingin menggugah hati saudara-saudara kita baik di kota Payakumbuh dan didaerah daerah lain, kalau diluar sana harga diri saudara-saudara kita muslim sedang diinjak-injak oleh mereka,” jelas Rizky
Dalam melakukan aksi damai para anggota KAMMI juga melakukan orasi secara bergantian ditengah gerimis yang turun yang dimulai oleh ketua KAMMI Ranggi Andrean dan diikuti korlap serta wakil mahasiswa dari Perguruan tinggi yang ada di Payakumbuh dan Lima Puluh Kota.

Untuk memastikan kegiatan berlangsung dalam keadaan aman dan tertib, TNI dan Polri dari Babinsa Koramil 01/Pyk – Kodim 0306/50 Kota beserta Satlantas Polresta Payakumbuh ikut mengamankan jalannya aksi itu.

Serda Boy Tampubolon, Babinsa Koramil 01/Pyk mengatakan TNI dan Polri turut hadir untuk memberikan rasa aman baik bagi aksi massa maupun kepada pengguna jalan yang melintas di akhir pekan itu.

Sebelum melakukan orasi di tugu adipura, para mahasiswa ini terlebih dahulu berkumpul di masjid gadang Koto Nan Gadang dan long mars menuju tugu adipura di pusat kota Payakumbuh dan sebelum ba’da Asar massa sudah membubarkan diri.

Berikut cuplikan wawancara dengan ketua KAMMI Ranggi Andrean

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *