AudioKota PayakumbuhSafasindo News

KPU Kota Payakumbuh Langsungkan Bimtek Melalui Daring

1 Mins read

KPU Kota Payakumbuh adakan Bimbingan Teknis (Bimtek) terhadap seluruh Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020. Bimtek dilangsungkan di Kantor KPU dan diikuti oleh seluruh anggota PPS ditempatnya masing-masing,melalui aplikasi zoom Sabtu 20 Juni 2020.

Ketua KPU Kota Payakumbuh Haidi Mursal saat dihubungi Sabtu siang 20 Juni mengatakan, KPU Kabupaten/Kota sudah disuruh untuk mengaktifkan kembali kawan-kawan PPK dan PPS beserta sekretariatnya. Ketika mereka telah diaktifkan kembali, maka perlu diberikan pemahaman dan bekal untuk mereka bekerja sesuai kondisi saat ini.

Sebelum PPK dan PPS bekerja lebih lanjut, KPU mesti melakukan Bimtek kepada semua anggota PPK dan PPS. Karna dalam waktu dekat PPK dan PPS dan tim KPU akan melakukan ferikasi faktual dan akan beretemu langsung dengan beberapa orang pemilih.

Dalam memberikan bekal ini Haidi Mursal jelaskan secara umum tidak ada yang berubah. Namun setiap kegiatan meski diikut sertakan standar pedoman Covid-19,pakai masker serta yang lainnya.

Adapun tujuan dari Bimtek tersebut Ketua KPU katakan adalah untuk memberikan pemahaman yang maksimal kepada PPK dan PPS, yang mana setiap pekerjaan ini, ketika turun kelapangan meski memakai standar Covid-19.

Haidi Mursal jelaskan pada Bimtek yang kita lakukan saat ini adalah untuk seluruh anggota PPS sebanyak 3 orang pekelurahan ditambah dengan sekretaris dan sekretariatnya 3 orang , masing-masing kelurahan ada 6 orang. Untuk memudahkan komunikasi dari 47 kelurahan yang ada, Ketua KPU sampaikan dari 6 orang perkelurahan ini, kita hanya memakai 1 akun dari mereka dan satu akun itu digunakan untuk 6 orang.

Adapun untuk pematerinya Haidi Mursal jelaskan, kita hanya memakai dan menggunakan narasumber dari anggota KPU Kota Payakumbuh saja, tidak memakai narasumber dari luar. Adapun bekal yang diberikan kepada seluruh peserta adalah mekanisme kerja mereka masing-masing. Haidi Mursal sampaikan masing-masing PPS itu mesti memahami tupoksinya masing-masing.

Berikut komentar Haidi Mursal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *