AudioKota PayakumbuhNasionalSafasindo NewsSumbar

Kunjungi Gudang SRG, Wamen Perdagangan RI Jerry Sambuaga Siap Bersinergi Dengan Pemkab Limapuluh Kota

1 Mins read
Wakil Mentri Perdagangan RI Jerry Sambuaga

Wakil Mentri Perdagangan RI Jerry Sambuaga kunjungi Gudang Sistem Resi Gudang (SRG) komoditas gambir di Gudang SRG di Nagari Sarilamak Kecamatan Harau,Jumat 21 Mei 2021.

Tampak hadir dalam kunjungan tersebut Wakil Bupati Limapuluh Kota Rizki Kurniawan Nakasri, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumbar, Pimpinan OPD terkait,Wakapolres serta pelaku usaha dan kelompok tani gambir Limapuluh Kota.

Wakil Bupati Limapuluh Kota Rizki dalam sambutannya menyampaikan kepada Wamen, dirinya berterimakasih atas kunjungan ini. Selama dua hari ini, Rizki katakan dirinya telah menemani Wamen Perdagangan RI mengunjungi beberapa UMKM didaerah kita ini,diantaranya Tenun Songket,produksi gula semut serta beberap pelaku usaha lainnya.

Pada hari ini kita menemani Wamen mengunjungi Gudang SRG ini. Dari kunjungan ini Wabup sampaikan kepada Wamen Jerry, disini telah hadir sejumlah pelaku usaha dan kelompok tani gambir. Terkait usaha tani gambir, Rizki jelaskan dimana petani dan pekerjanya belum bisa hidup dengan baik, apalagi harga gambir turun. Petani berharap ada harga yang stabil hendaknya. Melalui kunjungan ini Wabup berharap persoalan yang dialami oleh petani gambir ini bisa ada jalan keluarnya.

Usai tanya jawab bersama pelaku usaha dan tani gambir, Wamen Jerry kepada media jelaskan, sesuai arahan Prsiden, kita di Kementrian dianjurkan untuk melihat dan memastikan apa pelaku usaha yang bisa dipasarkan secara nasional dan internasional.

Dari kunjungan ini Wamen katakan, dari beberapa titik kunjungan kepada pelaku usaha yang ada di Limapuluh Kota diantaranya baju bordir,tenun songket, produksi gula semut semuanya berpotensi untuk ekspor. Kita di Kementrian siap mensuport dan mendukungnya.

Selanjutnya Gudang SRG, Wamen Jerry jelaskan ini salah satu fokus Kementrian Perdagangan untuk memberdayakan,mengfungsikan dan mengoptimalkan SRG yang ada didaerah-daerah termasuk di Limapuluh Kota. SRG ini penting karna bisa menjadi instrumen tunggal jual produksi petani. Ketika panen dan harga turun belum lagi dibeli oleh tengkulak, petani makin tidak diuntungkan. Dengan adanya SRG ini, Wamen terangkan petani bisa menyimpannya di gudang ini, ketika harga naik petani bisa menjualnya, inilah keuntungan adanya SRG.

Terkait masalah pengelolanya serta modalnya, Wamen Jerry sampaikan dirinya siap bersinergi dengan Pemkab Limapuluh Kota, mencarikan solusi yang terbaik dan menjembatani dengan pihak-pihak yang terkait baik bank dan yang lainnya. Kementrian hanya memberikan izin sementara yang lainnya, semuanya diserahkan kepada Pemerintah setempat.

Berikut komentar Wamen Jerry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *