AudioKota PayakumbuhSafasindo News

Laporkan Permasalahan Keluarga, PUSPAGA Kabupaten 50 Kota Siap Berikan Solusi Terbaik

1 Mins read

Pusat Pembelajaran Keluarga(PUSPAGA) Kabupaten 50 Kota, membuka ruang bagi masyarakat Payakumbuh dan Kabupaten 50 kota, yang akan berkonsultasi terkait permasalahan keluarga yang dialaminya dengan Psikolog yang menaungi pekerjaan tersebut.

Hal ini disampaikan Helmi Rahayu selaku Konselor PUSPAGA yang berada di bawah naungan Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten 50 Kota, saat menjadi narasumber talkshow yang diadakan DP2KBP3A di Radio Safasindo, Rabu 13 Oktober 2021.

Pada kesempatan Tersebut Helmi rahayu juga menjelaskan terkait sasaran atau target yang menjadi kebijakan PUSPAGA “Sasaran PUSPAGA ini diantaranya ialah anak-anak, pengasuh, orangtua, wali, dan juga calon orangtua, atau pasangan yang akan menikah”

Selain itu beliau menambahkan dalam pelaksanaan programnya PUSPAGA di bagi menjadi dua layanan yaitu layanan secara Aktif dan layanan secara pasif.

Layanan aktif ini kita lakukan dengan mengunjungi sekolah-sekolah atau mengunjungi masyarakat untuk melakukan sosialisasi, seperti melakukan edukasi tentang konsentrasi belajar,membangun motivasi, sedangkan layanan pasif terkait dengan konsultasi yang dilakulan masyarakat dengan langsung mendatangi kantor PUSPAGA.

Dalam pelayanannya PUSPAGA Kabupaten 50 Kota bertindak sebagai pemberi masukan atau edukasi terhadap masyarakat, seperti dengan konsultasi terhadap pasangan yang akan memasuki Pernikahan, apa saja hak dan kewajiban masing masing. Selain itu pemberian penyuluhan terhadap pasangan yang ingin bercerai, edukasi mengenai cara mendidik anak yang benar, dan yang lain berkaitan dengan keluarga.

Kemudian, dalam pelaksanaannya PUSPAGA 50 Kota, tidak hanya bertindak dalam pemberian penyuluhan namun juga bisa menjadi sarana belajar agar masyarakat bisa menciptakan keluarga yang sejahtera, selain itu juga memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk berkonsultasi terhadap permasalahan yang terjadi dalam keluarga, selain itu konselor juga akan membantu dalam pencarian solusi terhadap permasalahan yang terjadi.

Rahayu menghimbau agar masyarakat bersedia untuk konsultasi bersama PUSPAGA terkait masalah keluarga yang terjadi, baik itu berkaitan dengan anak atau hubungan suami istri, hal ini bisa dilakulan dengan langsung mendatangi kantor PUSPAGA yang beralamat di Tanjung Pati tepatnya berada di belakang kantor DISPORA Kab 50 Kota, atau mendatangi kantor KB yang berada di Nagari masing-masing yang nantinya akan dirujuk ke kantor PUSPAGA Kabupaten 50 Kota.

Penulis: Annisa
Editor : Nedi
COPYRIGHT┬ęSAFASINDO 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *