AudioKota PayakumbuhPendidikanSafasindo NewsSumbar

Limapuluh Kota Dapat 2 Penghargaan WBTbI Dihari Jadi Sumbar Yang Ke 77

1 Mins read

Dihari jadi Sumatra Barat yang ke 77 Pemerintahan Sumatra Barat melalui Dinas Kebudayaan memberikan penghargaan kepada Maestro, pelaku komunitas seni dan budaya yang telah memberikan kontribusi untuk Sumatra Barat.

Untuk Kabupten Lima Puluh Kota, Dinas Kebudayaan Propinsi Sumbar memberikan dua penghargaan WBTbI kepada pelaku seni dan budaya di Limapuluh Kota yakni Sijobang dinagari Sungai Talang dan Bakajang Gunuang Malintang Pangkalan Koto Baru. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayan Limapuluh Kota Indrawati.

“Alhamdulillah dihari jadi Propinsi Sumatra Barat yang ke 77 ini kita mendapatkan 2 penghargaan dari Dinas Kebudayan Propinsi Sumbar yakni kesenian Sijobang dan Bakajang ditetapakn menjadi Warisan Budaya Takbenda Indonesia (WBTbI) tahun 2022,” kata Indrawati saat dihubungi melalui sambungan telponya, Sabtu 1 Oktober 2022.

Indrawati jelaskan dimana Sijobang ini merupakan warisan dari Apak/ Ibuk Munin di kuranji dan disaat penilaian, seni Sijobang dimainkan oleh As dimana beliau itu merupakan muridnya Munin.

“Selain Sijobang dan Bakajang, diseni Sastra kita juga mendapatkan penghargaan dari Dinas Kebudayaan Sumbar yang didapatkan oleh Ade Sandra. Dimana beliau tersebut juga merupakan salah satu seniman di Limapuluh Kota yang sudah banyak menciptakan puisi,”ungkap Indrawati.

Melalui penghargaan ini kedepannya Indrawati berharap sesuai visi/misi Bupati Limapuluh Kota bagaimana mewujudkan masyarakat madani dan berbudaya dalam kerangka adat basandi sarak, sarak basandi kitabullaoh, bagaimana kebudayaan-kebudayaan lama dan juga warisan-warisan tak benda ini terus dijaga dan dilestarikan.

Indrawati sampaikan dimana pemberian Anugrah/Penghargaan tersebut akan diberikan nantik malam di Istana Gubernur Sumbar pada pukul 19.00 WIB sampai dengan 21.00 WIB.

Berikut komentar Indrawati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *