Kota PayakumbuhSafasindo News

Lomba Gerakan Pembinaan PKK Tingkat Kota Payakumbuh Tahun 2021, Kelurahan Sungai Durian Keluar Jadi Juara 1

1 Mins read

Kelurahan Sungai Durian berhsil jadi juara 1 pada lomba Gerakan Pembinaan PKK tingkat Kota Payakumbuh tahun 2021. Hal tersebut diketahui melalui Surat Keputusan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Payakumbuh, dimana ada 5 pemenang Lomba Gerakan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) tingkat Kota Payakumbuh 2021. Iven ini diikuti oleh 15 kelurahan yang merupakan 3 pemenang dari tiap kecamatan, sebelumnya TP-PKK di tiap kecamatan juga sudah melaksanakan lomba untuk seluruh PKK kelurahan mereka.

Juara 1 diraih oleh Kelurahan Sungai Durian Kecamatan Lamposi Tigo Nagori, Juara 2 diraih oleh Kelurahan Koto Tangah Kecamatan Payakumbuh Barat, dan Juara 3 diraih oleh Kelurahan Parak Batuang Kecamatan Payakumbuh Barat.

Sementara itu, Harapan 1 diraih oleh Kelurahan Padang Sikabu Kecamatan Lamposi Tigo Nagori dan Harapan 2 diraih oleh Kelurahan Padang Alai Bodi Kecamatan Payakumbuh Timur.

Keterangan Kepala DP3AP2KB Kota Payakumbuh Syahnadel Khairi melalui Kabid Pemberdayaan Perempuan Erma Yunita saat ditemui media di ruang kerjanya, Rabu 29 September 2021menyampaikan, adapun indikator penilaian adalah ekspose kegiatan dengan materi kelembagaan dan tertib administrasi, 10 program pokok PKK dan program prioritas masing-masing pokja, serta wawancara yang telah dilaksanakan pada 7 September lalu.

Diterangkan Erma Yunita, Pokja 1 adalah paredi atau pembinaan anak dan remaja era digital, kemudian Pokja 2 UP2K atau usaha peningkatan pendapatan keluarga, lalu ada Pokja 3 Aku Hatinya PKK atau amalkan dan kukuhkan halaman asri, teratur, indah, dan nyaman, terkahir Pokja 4 Gagah Bencana atau tanggap dan tangguh terhadap bencana, termasuk penanganan Covid-19.

Setelah melalui proses penilaian untuk 15 nominator, maka keluar hasil untuk 5 besar, lalu dilakukan peninjauan ke lapangan pada 20 dan 21 September 2021 oleh Tim Penggerak PKK Kota Payakumbuh yang diketuai Henny Riza Falepi didampingi Machdalena Erwin Yunaz dan Elfriza Zaharman.

Yunita katakan, juara 1 akan dipersipkan untuk lomba ke tingkat provinsi pada tahun depan.

Di tempat terpisah, Ketua TP PKK Kota Payakumbuh Henny Riza Falepi menyampaikan ibu-ibu PKK harus lebih aktif lagi, karena ada banyak peran serta PKK untuk mengantisipasi dampak pandemi Covid-19 saat ini. Termasuk juga kegiatan UP2K yang perlu lebih digencarkan lagi sehingga dapat membantu permasalahan ekonomi warga.

Henny katakan, PKK sebagai garda terdepan dalam pemberdayaan keluarga harus terus menunjukkan kiprahnya, selamat kepada pemenang, semoga menjadi motivasi bagi ibu-ibu PKK lainnya.**

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *