Kota PayakumbuhSafasindo News

Menuju Pemilu 2024, Pemko Payakumbuh Adakan Diskusi Politik Bersama Parpol, KPU dan Bawaslu

1 Mins read

Jelang pemilu 2024 Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) adakan diskusi politik, sekaligus lakukan evaluasi dari pelaksanaan Pilkada 9 Desember lalu.

Kegiatan diadakan Kantor Balaikota dihadiri Wawako Erwin Yunaz, Forkopimda, Tim PPE Perkembangan Politik Kota Payakumbuh, OPD terkait, KPU, Bawaslu, Ketua Parpol, serta ketua Organisasi Masyarakat dan tamu undangan lainnya, Selasa 25 Mei 2021.

Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz mengatakan untuk pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar lalu, di Payakumbuh berjalan dengan tertib, aman dan lancar. Walaupun berlangsung saat bencana non alam Covid-19, secara umum pelaksanaannya di Kota Payakumbuh cukup sukses.

Untuk mensukseskan pelaksaan pesta demokrasi terbesar di 2024 nanti, Wawako mengharapkan kepada seluruh stakeholder untuk mendorong berlangsungnya proses pendidikan dan pendewasaan politik dengan tetap mengedepankan rasa persatuan dan kesatuan. Kepada partai politik yang ada kiranya juga mampu memberikan edukasi melalui pendidikan politik (parpol) untuk menyukseskan penyelenggaraan pemilihan umum demj kesejahteraan masyarakat.

Menunjang terlaksananya pendidikan politik tersebut, Wawako katakan berdasarkan PP nomor 1 tahun 2018 tentang bantuan keuangan kepada parpol telah dilaksanakan pencairan bantuan untuk 10 parpol yang mendapat kursi di DPRD Kota Payakumbuh sebesar Rp. 651.312.313. Untuk tahun ini juga telah disiapkan dana bantuan dengan nilai yang sama dengan tahun 2020 lalu.

Wawako berharap melalui kegiatan diskusi politik ini dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk meningkatkan dan menambah wawasan kita sehingga dapat disosialisasikan di lingkungan kita masing-masing.

Budhy D. Permana Kepala Kantor kesbangpol mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk sarana evaluasi bagi tim Pemantauan Perkembangan Evaluasi (PPE) Perkembangan Politik Kota Payakumbuh.

Budhy berharap kegiatan ini akan memberikan input serta masukan positif untuk persiapan daerah dalam menyambut pesta demokrasi terbesar di 2024 mendatang, karena diprediksi masih dilaksanakan ditengah-tengah pandemi Covid-19.

Pada diskusi politik tersebut Wakil Wali Kota Payakumbuh sekaligus menyerahkan LHP BPK RI kepada ketua parpol penerima bantuan keuangan parpol tahun anggaran 2020.**

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *