Monas PDRI akan Memberi Dampak Ekonomis

Pembangunan Monumen Nasional (Monas) Bela Negara Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) yang rencananya akan dibangun di Kecamatan Koto Tinggi, Kabupaten Limapuluh Kota diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat setempat.

Dodi Delvi, Anggota Komisi II DPRD Sumbar kepada padangmedia.com, Selasa (4/10), dengan dibangunnya Monas Bela Negara di daerah Kabupaten 50 Kota tentu diiringi dengan perencanaan pembangunan prasasti sejarah, museum dan perpustakaan.

Dikatakannya, pembangunan Monas tersebut merupakan bentuk tanda historis PDRI pernah berdiri di Sumbar. Monas Bela Negara tersebut merupakan bentuk pengakuan secara nasional bahwa PDRI pernah menyelamatkan NKRI dari kejatuhan saat agresi Belanda di tahun 1948. Sehingga berdirinya PDRI pada 19 Desember 1948 diperingati sebagai Hari Bela Negara sesuai Kepres. RI No. 28 Th. 2006.

“Kita akan mendukung upaya pemerintah untuk mempercepat pembangunan Monas Bela Negara. Dengan demikian Monas itu bisa menjadi salah satu saksi sejarah perjuangan PDRI di Kabupaten Limapuluh Kota” ujarnya.

Diharapkan, dengan pembangunan Monas Bela Negara di daerah Koto Tinggi akan berdampak secara ekonomis bagi kehidupan masyarakat. Setidaknya, pembangunan Monas tersebut akan mempercepat pembangunan infrastruktur di daerah tersebut, terutama jalan.

“Jika akses jalan dari Koto Tinggi ke Suliki diperlebar, juga jalur Koto Tinggi ke arah Bonjol, Palupua, Baruah Gunuang diperbaiki, tentu masalah mobilisasi masyarakat daerah itu akan terselesaikan. Dengan sendirinya, perekonomian masyarakat akan bisa terus meningkat, di samping kita harus mensosialisasikan program pengentasan kemiskinan,” ujarnya.

Selama ini, katanya, yang menjadi masalah bagi masyarakat di sana adalah transportasi. Apabila pembangunan Monas itu telah terlaksana, maka daerah itu bakal menjadi daerah wisata sejarah Kabupaten Lima Puluh Kota yang nantinya juga akan mendukung pengembangan perekonomian masyarakat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *