AudioKota PayakumbuhSafasindo News

MUI,Kemenag Serta Pemko Payakumbuh, Hari Ini Masjid Sudah Boleh Gelar Sholat Jumat

1 Mins read

Setelah beberapa minggu ini sholat Jum’at ditiadakan di mesjid karna wabah virus Corona, hari ini Jumat 5 Juni 2020, sholat Jumat telah diboleh digelar dimesjid.

Kesepakatan pemakaian rumah ibadah itu, ditetapkan dalam rapat bersama Kantor Kemenag, FKUB, MUI, Bagian Kesra Setdako dan Kesbangpol, di aula kantor kesbangpol, Selasa. Untuk selanjutnya ditetapkan dalam Surat Edaran Walikota Payakumbuh Nomor 400/19/ED/Wk-Pyk/2020.

Seluruh pihak terkait, setuju dengan pemanfaatan rumah ibadah sebagai tempat tujuan dalam menjalankan perintah agama, sesuai dengan aturan yang ditentukan.

Wakil Walikota Payakumbuh H. Erwin Yunaz menyapaikan, karena pandemi virus corona diasase masih mewabah, maka pemberlakuan protokol kesehatan wajib dipatuhi seluruh jemaah, ketika berada di masjid dan mushalla.

Ketua MUI Kota Payakumbuh H. Mismardi saat dihubungi Jumat pagi 5 Juni mengatakan, hari ini Jumat pertama dibolehkan menggelar ibadah sholat Jumat di mesjid,pasca sebelumnya ditiadakan dan dialihkan dengan sholat zuhur dirumah masing-masing, karna wabah virus Corona.

Dari hasil musawarah antara lembaga terkait, Mismardi jelaskan ada beberapa ketentuan bagi mesjid untuk bisa melakukan ibadah sholat Jumat, yakni dengan menjalankan protokol kesehatan dan khutbah yang singkat. Bagi mesjid yang tidak menjalan hal tersebut, pada prinsipnya belum dibolehkan melaksanakannya.

Terkait dari keputusan pemerintah Kota Payakumbuh dalam pelaksanaan sholat Jumat pada saat wabah ini dan beberapa ketentuannya, Mismardi katakan kita mentaatinya. Kepada masyarakat Payakumbuh, Ketua MUI Mismardi menghimbau mari kita patuhi protokol kesehatan pada pelaksanaa ibadah di Mesjid dan Musholla pakai masker dan atur jarak.

Berikut komentar MUI Kota Payakumbuh H Mismardi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *