AudioKota PayakumbuhNasionalSafasindo News

Pemkab Limapuluh Kota Ikuti Verifikasi dan Evaluasi Kabupaten Layak Anak

2 Mins read

Pemerintah Kabupaten Kabupaten Lima Puluh Kota mengikuti verifikasi lapangan hybrid (VLH) evaluasi Kabupaten Layak Anak (KLA) tahun 2022, yang dilaksanakan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) secara virtual, Kamis 9 Juni 2022, di ruangan rapat Bupati Limapuluh Kota.

Kegiatan verifikasi ini diikuti Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo. Turut serta dalam acara tersebut Kepala Kementrian Agama Limapuluh Kota,Yunit PPA Polres Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh, serta OPD yang terkait.

Bupati Safaruddin dalam paparannya mengatakan, pengembangan Kabupaten layak anak di Kabupaten Lima puluh Kota telah dimulai sejak 2014 yang lalu. Dalam pengembangan Kabupaten Layaka Anak telah disusun peraturan daerah No 12 tahun 2016 diantaranya, pemenuhan hak anak,perlindungan anak,pengembanagna Kabupaten Layak Anak, peran organisasi dan media,dunia usaha, forum anak serta yang lainnya.

“Pembangunan Kabupaten Layak Anak di Limapuluh Kota merupakan Visi dan Misi daerah yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2026 yaitu Perda No 3 tahun 2021,”kata Bupati.

Bupati jelaskan, pembangunan daerah dalam rangka perlindunagn hak-hak anak melalui pengembangan Kabupaten Layak Anak yang terintegrasi,holistik dan berkelanjutan harus dilakukan agar anak usia 0 sampai 18 tahun yang berjumlah 138.471 jiwa atau 36,2% dari jumlah penduduk Limapuluh Kota sebanyak 388.585 jiwa atau lebih dari 1/3 penduduk Kabupaten Lima Puluh Kota.

“Itulah nantik anak-anak yang akan jadi orang kreatif,inovatif dan ikut berperan berpartisipasi dalam pembangunan Kabupaten Lima Puluh Kota dan Negara Repoblik Indonesia,”ungkap Bupati.

Bupati sampaikan banyak inovasi yang telah dilakukan baik oleh perangkat daerah,dunia usaha, media, organisasi dan kelompok-kelompok masyarakat, diantaranya.
1.Kerjasama Disdukcapil dengan RSUD Suliki yang dinamakan Aksi Kiat,( akte siap kartu identitas dapat) bagi fasien yang melahirkan.

  1. Kadang Dia Tahu ( KTP datang dihari ulang tahunmu) bagi anak-anak yang berulang tahun ke 17.
    3.Informasi layak anak adanya aplikasi e-Kliping atau aplikasi berbasis web yang menampilkan berita-berita dari medi masa. Berkutnya mengikutsertakan Forum Anak dalam kegiatan musrembang baik tingkat Desa dan Nagari ,Kecamatan serta Kabupaten serta inovasi lainnya.

Bupati katakan, besar harapan kami Kabupaten Lima Puluh Kota kembali bisa mempertahankan posisi Kabupaten Layak Anak ini dengan kategori Madya. “Apabila dipercaya kami bisa naik hendaknya bisa mendapatkan Nindya, Utama dan Kabupaten/Kota Layak Anak,”kata Bupati dan diaminkan oleh semua tamu undangan yang mengikuti verifikasi KLA.

Pimpinan Radio Safasindo HJ.Harni Pamil ditempat terpisah mengatkan, dirinya berterimkasih kepada Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota yang telah diikut sertakan dalam kerjasama mengimformasikan dan mempublikasikan, berbagai kegiatan dan prestasi anak-anak di Limapuluh Kota melalui Radio dan webasite Safasindo.com.

“Selaku media, kami akan selalu melakukan yang terbaik untuk masyarakat dan partner kami, dalam menyampaikan dan mengimformasikan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah daerah setempat. Besar harapan kami, semoga pada verifikasi KLA tahun ini Kabupaten Lima Puluh Kota bisa mendapat prediket yang lebih baik lagi dan meningkat prestasinya,”kata Harni Pamil dan diaminkan oleh semua kru Safasindo FM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *