AudioKota PayakumbuhSafasindo News

Pemko Payakumbuh Tetapkan Shalat Idul Adha 1443 H Pada 10 Juli, Ini Penjelasan Kabag Kesra Irwan Suwandi

1 Mins read
Ilustrasi pelaksanaan sholat Idula Adha di Balai Kota Payakumbuh

Pemerintah Kota Payakumbuh memutuskan pelaksanaan Shalat Idul Adha 1443 H pada Minggu, 10 Juli 2022. Pelaksanaan Sholat Idul Adha akan dipusatkan di Halaman Kantor Wali Kota Payakumbuh atau exs lapangan Poliko. Hal tersebut disampaikan oleh Kabag Kesra Irwan Suwandi saat ditemui di Kator Walikota, Jumat 8 juli 2022.

Irwan Suwandi jelaskan pelaksanaan Shalat Idul Adha 1443 H pada Minggu besok tepatnya 10 Juli 2022, kita mengikuti keputusan dari Pemerintah Repoblik Indonesia.

“Dipilihnya Halaman Balai Kota Payakumbuh sebagai tempat penyelenggaraan Shalat Idul Adha mengingat banyaknya masyarakat Kota Payakumbuh yang akan melaksanakan Shalat. Sekiranya ada perubahan cuaca seperti hujan, maka nanti jamaah akan alihkan ke Masjid terdekat,”kata Irwan Suwandi.

Irwan Suwandi sampaikan, menyangkut perbedaan waktu penetapan Idul Adha yang terjadi antara Pemerintah dan Muhammadiyah tidak mengurangi semaraknya perayaan Idul Adha tahun ini. Sebelumnya, Pemerintah menetapkan Idul Adha pada 10 Juli 2022 dan dari Muhammadiyah menetapkan Idul Adha 9 Juli 2022.

“Adapun yang bertindak sebagai Khatib pada Shalat Idul Adha nantinya adalah Ustadz Isnaldi Muhamad Dini dan Imam Ustadz Zikra Afdal. Ustadz Isnaldi Muhammad Dini merupakan seorang pengusaha muda asli putra daerah Kota Payakumbuh. Dan beliau ini juga jebolan kafilah MTQ Kota Payakumbuh, juara Pidato tingkat Propinsi Sumatra Barat,” ungkap Irwan.

Sementara Ustadz Zikra Afdal adalah Qori Payakumbuh juga, Irwan katakan beliau ini sehari-hari imam di Mesjid Muslimin Labuah Baru. Zikra Afdal ini merupakan juara II MTQ tingkat Propinsi Sumatra Barat untuk cabang Hafizd 20 juz yang dilaksanakan di Kota Padang Panjang kemaren ini.

Kepada warga masyarakat Kota Payakumbuh yang akan mengikuti sholat Idul Adha di Balaikota, Irwan mengajak dan menghimbau agar warga masyarakat bisa datang lebih awal, jelang pelaksanaan sholat. Disamping itu, kendati wabah covid telah melandai kita mengajak agar jemaah membawa masker. Insya Alloh sholat akan dimuali sekitar jam 8 pagi setelah penyampaian dan sambutan baik dari Walikota dan juga dari Kakan Kemenag Kota Payakumbuh.

Berikut komentar Irwan Suawandi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *