Sumbar

Peringatan Hari Bela Negara ke 71 di Lima Puluh Kota, Bupati Irfendi Arbi Bertindak Sebagai Inspektur Upacara

1 Mins read

Lima Puluh Kota- Upacara hari Bela Negara ke 71 yang di pusatkan di halaman kantor bupati sarilamak kabupaten lima puluh kota pada Kamis pagi 19/12/2019 berlangsung khidmat.
Bertindak sebagai inspektur upacara bupati H.Irfendi Arbi S.P serta diikuti oleh Forkopimda kab, lima puluh kota TNI, Polri dan ASN pemda lima puluh kita tak ketinggalan siswa pelajar dan OKP dan Ormas.

Sejarah singkat tentang hari bela negara.
Hari Bela Negara disahkan melalui Keppres no.28 tahun 2006 oleh  Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, berupa hari besar negara bukan hari libur.

Penetapan 19 Desember sebagai Hari Bela Negara dipilih untuk mengenang peristiwa sejarah ketika tanggal 19 Desember 1948, Belanda melancarkan Agresi Militer ke II dengan mengumumkan tidak adanya lagi Negara Indonesia. 

Ketika itu, Presiden RI Ir. Soekarno memberikan mandat penuh kepada Mr. Syafrudin Prawinegara untuk menjalankan pemerintahan dengan membentuk Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) di Bukittinggi, Sumatera Barat, guna menjaga keutuhan Negara Republik Indonesia. 

Upaya tersebut adalah untuk mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara sebagai nilai dasar bela negara mencakup cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, yakin pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memiliki kemampuan awal bela negara.

Bela Negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, dalam upaya mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara. 

Seusai upacara bupati didampingi Forkopimda berkenan menyerahkan trophy juara kepada sekolah-sekolah dari tingkat TK sampai SLTA yang menjadi juara dalam lomba sekolah sehat se kabupaten lima puluh kota, serta bantuan peralatan pertanian kepada kelompok-kelompok tani di lima puluh kota.

Berikut cuplikan amanat Sekjen Dewan Ketahanan Nasional Ahmad Djamaludin Laksamana Madya TNI yang dibacakan bupati Irfendi…..

58 posts

About author
Penyiar Radio Safasindo, Penulis, Guru dan Peneliti Budaya
Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *