Perkampungan Minang Balai Kaliki Dikunjungi Tamu Dari Brunai

Perkampungan Minang Balai Kaliki Dikunjungi Tamu Dari Brunai

Sebanyak kurang lebih 8 orang rombongan dari KBRI Bandar Seri Begawan Brunai Darussalam kunjungi perkampungan Minang di Balai Kaliki Kecamatan Payakumbuh Utara. Kunjungan rombongan dari KBRI Seri Begawan tersebut disambut oleh Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunas, ketua dekranasda Kota Payakumbuh Heni Riza Falepi,Sekdako Rida Ananda,Asisten, Staf Ahli serta sejumlah Kepala Dinas terkait,Senin 25 November 2019.

Jelang memasuki arena tempat acara, tamu dari Negara Brunai tersebut disambut dengan tarian tradisionl tari gelombang,disusul dengan pemberian carano sirih kepada tamu yang datang. Tradisi ini dilakukan setiap ada kegiatan besar, acara adat istiadat, serta menyambut tamu istimewa.

Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunas dalam sambutannya dihadapan tamu dari KBRI Bandar Seri Begawan menyampaikan, dirinya ucapkan terima kasih kepada semua rombangan dari negara Brunai, yang telah berkenan datang dan berkunjung ke Kota Payakumbuh. Wakil Walikota jelaskan banyak tempat wisata dan kuliner yang bisa dinikmati di Kota Payakumbuh. Salah satu wisatanya yakni perkampungan Minang ini,dan untuk kulinernya yakni Randang Payakumbuh,ingat Payakumbuh ingat randangnya, sebaliknya ingat randang ingat Kota Payakumbuhnya.

Usai kegiatan acara, jelang tamu dari Brunai mengunjungi tempat wisata lainnya,para tamu juga disuguhkan dengan tarian piring yang dibawakan oleh anak muda binaan dari Dinas Pariwisata Kota Payakumbuh. Tari piring ini juga salah satu tradisi yang juga ditampilkan diacara besar,adat istiadat dan menyambut tamu. Saat salah satu penari laki-laki menginjak pecahan kaca yang telah disiapkan oleh panitia,sontak semua tamu dari Brunai heboh dan takjub melihat penampilan atraksi penarinya, yang menginjak pecahan kaca berkali-kali.

Jelang rombongan menuju lokasi lainnya,tim reporter Radio Safasindo 98,2 FM lakukan wawancara dengan salah satu rombongan dari Brunai,bersama Rifana Indira selaku sekretaris utama di KBRI Bandar Seri Begawan. Rifana Indira jelaskan tujuan dari kunjungan ini merupakan salah satu cara untuk mempromosikan daerah payakumbuh khususnya dan Sumatra Barat umumnya kepada masyarakat Brunai. Disamping kunjungan balik dari kunjungan pemerintah Kota Payakumbuh ke Brunai hari -hari sebelumnya.

Berikut komentar Rifana Indira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *