AudioKota PayakumbuhSafasindo NewsSumbar

Pertama Di Sumbar, Gubernur Mahyeldi Launching Nagari Digital Smart Village Nusantara

1 Mins read

Gubernur Propinsi Sumatra Barat H.Mahyeldi Ansharullah Resmikan Nagari Lubuak Batingkok yang berada di Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota sebagai Nagari Digital Smart Village Nusantara, Rabu 21 September 2022.

Tampak hadir diacara tersebut Dinas Pariwisata Propinsi serta beberapa Dinas Propinsi terkait, Bupati Limapuluh Kota diwakili Diskominfo, Ketua DPRD Limapuluh Kota Deni Asra, serta beberapa OPD yang terkait, dari pihak kepolisian dan TNI,Camat, Walinagari serta tokoh masyarakat dan pemuda pemudi Nagari Lubuak Batingkok.

Walinagari Lubuak Batingkok Yon Elvi kepada Gubernur dan kepada seluruh tamu undangan menerangkan, dimana nagari digital ini bagian dari upaya kita dalam mendukung program pemerintah.

“Adapun inovasi yang kita lakukan dalam nagari digital ini, Pemerintahan Nagari Lubuak Batingkok membuat aplikasi digital yang dinamakan Simpel Desa. Aplikasi Simpel Desa ini didalamnya sudah dimuat fitur-fitur yang mendukung akan kebutuhan masyarakat dalam berurusan dengan Pemerinahan Nagari,”kata Yon Elvi.

Walinagari jelaskan melalui aplikasi ini, warga masyarakat mereka tak perlu lagi menyediakan waktunya untuk datang ke Kantor Walinagari dalam mengurus berbagai urusan yang berkaitan dengan Walinagari. Masyarakat yang sudah diimput datanya sesuai NIK nya, mereka bisa mengurus dimanapun berada. Setelah selesai mengisi semua kebutuhan sesuai urusan yang dituju, selanjutnya warga masyarakat tinggal menunggu informasi dari operator kapan dijemput.

Diantara urusan yang bisa dilakukan melalui aplikasi Simpel Desa ini seperti mengurus surat pengantar NA nikah,Izin usaha,surat pengantar ke Dinas Sosial, BPJS serta yang lainnya. Selain itu dalam aplikasi ini juga ada satu tombol merah yang berfungsi mengabarkan terjadi peristiwa, seperti kemalingan dan yang lainnya,”ungkap Yon Elvi.

Gubernur Mahyeldi usai acara peresmian Nagari Digital kepada media mengatakan, dirinya ucapkan terimakasih kepada Walinagari Lubuak Batingkok dan semua pihak yang telah berprestsi dalam mendukung dan mengantarkan Nagari Lubuak Batingkok sebagai Nagari Digital.

“Lubuak Batingkok adalah nagari yang pertama di Sumatra Barat jadi Nagari Digital. Kita akan mendorong daerah-daerah yang lainnya untuk jadi Nagari Digital. Kepada Dinas PMD Propinsi kita meminta untuk lakukan kerjasama dengan telkom, sehingga setiap nagari kita harapkan semuanya bisa digitalisasi, karna ini memang visi kita. Kalau semua nagari sudah digital maka capaian visi kita makin maksimal,” kata Mahyeldi.

Gubernur jelaskan, dengan telah jadi Nagari Digita selanjutnya dengan memamfaatkan IT, masyarakat Nagari Lubuak Batingkok juga bisa memasarkan produk UMKM nya, baik Nasional dan Internasional. Dan ini tentu dibarengi dengan tampilan produk yang baik serta pendukung lainnya.

Berikut komentar Mahyeldi

Related posts
AudioKota PayakumbuhSafasindo News

Pertama di Sumbar, Perwana Liko Adakan Rakerda

1 Mins read
Persatuan Wali Nagari Limapuluh Kota (PERWANA LIKO) Gelar Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) yang dilaksanakan selama 2 hari yakni Jumat dan Sabtu tanggal…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *