Populasi Hama Tupai Meningkat,Petani Jagung dan Coklat Alami Penurunan Hasil Panen

Populasi Hama Tupai Meningkat,Petani Jagung dan Coklat Alami Penurunan Hasil Panen

Masyarakat Kelurahan Ompang Tanah Sirah Kecamatan Payakumbuh Utara menyikapi hama tupai yang telah meresahkan petani khususnya petani jagung dan kakao serta tanaman buah –buahan yang lain, sudah banyak dimakan oleh tupai. Masyarakat tani Kelurahan Ompang Tanah Sirah akan melaksanakan pembasmian hama tupai,yang insyaalloh akan dilangsungkan pada hari Minggu 15 September 2019. Hal ini dilakukan untuk mengurangi hama tupai dari lingkungan pertanian masyarakat setempat.

Mirza salah seorang warga Ompang Tanah Sirah melalui sambungan telpon menyampaikan,hama tupai ini sudah banyak memakan tanaman petani,diantaranya jagung, coklat serta tanaman lainnya. Dampak dari hama tupai ini petani mengalami penurunan hasil panennya. Kepada pemerintah Mirza berharap ada perhatian dan bantuan untuk mengatasi hama tupai ini.

Sebelumnya Mirza sampaikan pada tahun 2017 telah dilakukan pembasmian hama tupai, namun setelah itu tidak ada lagi dilakukan, sehingga hama tupai ini sudah banyak populasinya kembali. Untuk areal ladang petani, Mirza jelaskan sebanyak kurang lebih 14 H. Setiap petani menanam jagung, hasilnya selalu menurun karna dimakan oleh hama tupai.

Berikut komentar Mirza

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *