Kota PayakumbuhPendidikanSafasindo News

Rakor Sekolah Sehat, Camat Irwan Suwandi Minta Sekolah Tetap Terawat Selama Pandemic

1 Mins read
Sambutan Camat Irwan Suwandi diacara Rakor Sekolah Sehat

Meski proses belajar mengajar (PBM) ditiadakan akibat pandemic Virus Corona, kebersihan lingkungan sekolah harus tetap diperhatikan. Pihak sekolah tetap harus memelihara kebersihan dan keasrian sekolah agar prediket sebagai sekolah sehat bisa terus diraih dan dipertahankan.

Hal tersebut disampaikan oleh Camat Payakumbuh Timur Irwan Suwandi saat membuka Rapat Koordinasi Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) se Kecamatan Payakumbuh Timur, Senin 16 November 2020 di aula kantor camat setempat.

Rakor dihadiri sebanyak 35 orang baik itu kepala sekolah atau utusan sekolah se Kecamatan Payakumbuh Timur, mulai dari jenjang TK/RA, SD, SLTP dan SLTA sederajat. Kegiatan acara juga dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, diwakili Kasi Ermawati selaku narasumber kegiatan serta pimpinan Puskesmas Air Tabit.

Dalam sambutannya Camat Payakumbuh Timur menjelaskan tujuan diadakan Rakor adalah guna membangun kembali kesadaran setiap penanggunjawab sekolah untuk senantiasa memelihara kondisi sekolah agar tetap terkategori sekolah sehat.

Rakor juga ditujukan untuk mengevaluasi capaian indikator sekolah sehat sekaligus menetapkan sekolah yang akan menjadi perwakilan kecamatan dalam lomba sekolah sehat (LSS) untuk tahun 2021.

Sebelumnya Camat katakan dirinya turun mendampingi tim pembina sekolah sehat ke sebuah sekolah didaerah kita ini. Kami terkejut dengan penurunan kondisi lingkungan disana seperti tanaman yang menguning bahkan mati serta kondisi lingkungan yang kurang terawat.

Sementara narasumber dari Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Ermawati menyoroti adanya sekolah yang tidak menyampaikan laporan kegiatan sekolah sehat. Dikatakan, laporan tersebut berguna untuk memetakan kondisi sekolah sekaligus menetapkan kebijakan bantuan yang akan diberikan untuk menuju kondisi sekolah sehat yang paripurna.

Ermawati katakan ada empat jenjang kriteria sekolah sehat yaitu, dasar, standar, optimal dan paripurna sebagai tingkatan tertinggi. Setiap tingkatan ada kriteriannya. Nah melalui laporan periodik, maka kita bisa mengetahui sekaligus membenahi apa saja yang perlu diperbaiki terkait sekolah sehat disetiap sekolah kita.

Untuk tahun 2020 ini kami berharap tim kecamatan segera turun ke lapangan dan membagikan kuesioner terkait data sekolah sehat. Pihak sekolah silahkan mengisi kuesioner tersebut sesuai kondisi masing-masing. Jadi tidak ada istilah kekosongan data dari sekolah kita. Semua sekolah ada datanya.

Lomba sekolah sehat (LSS) sendiri rutin diadakan secara berjenjang  setiap tahun dari tingkat kota hingga nasional. Untuk tahun 2020 ada sejumlah sekolah di Kecamatan Payakumbuh Timur yang berhasil menjadi yang terbaik dan ikut berlomba di tingkat provinsi seperti SMPN 9 Payakumbuh, SMPN 3 Payakumbuh dan SMAN 1 Payakumbuh. Karena situasi pandemic, perlombaan tersebut belum dituntaskan.**

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *