Rita Novita,  Yang Melanggar  UU No. 24 Tahun 2009 Tentang  Penggunaan Bahasa Negara  Media Luar Ruang  Sejauh ini Belum Ada Sangsinya

Rita Novita, Yang Melanggar UU No. 24 Tahun 2009 Tentang Penggunaan Bahasa Negara Media Luar Ruang Sejauh ini Belum Ada Sangsinya

Rita Novita Peneliti dan Penyuluh Senior dari Balai Bahasa Sumatra Barat, menyampaikan kepada peserta Kelompok Diskusi Terpumpun yang didalamnya ada pelaku media cetak,media elektronik dan media daring,dimana pelaku yang melanggar UU No.24 Tahun 2009 belum ada sangsinya. Sejauh ini Rita Novita mengatakan, Balai Bahasa Sumatra Barat baru sekedar menegur dan menyurati, sebahagian ada yang merobahnya dan sebahagian belum. Hal tersebut disampaikan pada kegiatan diskusi bersama peserta Kelompok Diskusi Terpumpun, Selasa 13 Agustus 2019.

Rita Novita mengatakan kepada sejumlah awak media, dari pantaun dan penelitian Balai Bahasa Sumatra Barat banyak terdapat penulisan yang salah sesuai penggunaan Bahasa Indonesia yang baik. Ada yang dilingkungan pemerintahan dan tempat-tempat umum. Sementara sesuai UU No.24 Tahun 2009 pada Bab III Bahasa Negara, pasal demi pasal menyatakan penggunaan Bahasa Indonesia itu wajib digunakan.

Terkait sejauh ini belum ada sangsi yang diberikan kepada pelanggar, Rita Novita berharap, sesuai banyak permintaan dari masyarakat agar kedepan pelaku yang melanggar UU No. 24 Tahun 2009 diberikan sanksi.

Berikut komentar Rita Novita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *