AudioBerita UtamaKota PayakumbuhSafasindo News

Rumah Gadang di Pakan Sinayan Terbakar, Damkar Payakumbuh Turunkan 11 Armada

1 Mins read

Damkar Kota Payakumbuh padamkan api yang membakar sebuah rumah adat yang berada dikawasan Pakan Sinayan dekat sekolah SMPN 4, di Kecamatan Payakumbuh Barat, Rabu 19 Oktober 2022.

Kebakaran terjadi sekira pukul 14.22 WIB. Begitu informasi masuk, Damkar Payakumbuh langsung menuju lokasi. Dalam memadamkan dan mendinginkan api yang membakar rumah Gadang itu, Damkar Payakumbuh menurunkan semua armada dan dibantu armada dari Kabupaten Lima Puluh Kota.

Kabid Damkar Kota Payakumbuh Budi Kurniawan saat dihubungi mengatakan, benar sekitar pukul 14 lewat 22 menit kita mendapatkan informasi dari warga telah terjadi kebakaran sebuah rumah Gadang di Pakan Sinayan dekat SMPN 4. Tim langsung bergerak menuju lokasi dan memadamkan api yang membakar atap rumah Gadang tersebut.

“Rumah Gadang itu merupakan milik dari Bapak Sukri Bey. Sehari-hari rumah Gadang itu digunakan untuk belajar mengaji oleh anak-anak sekitar. Pada saat kejadian Alhamdulillah tidak ada aktifitas belajar mengaji, karna anak-anak masih berada disekolah atau masih baru pulang sekolah,”kata Budi.

Budi sampaikan proses pemadaman hingga mendinginkan dan dipastikan sudah tidak ada lagi api , prosesnya ada sekitar 3 jam. Selain dibantu oleh Damkar Limapuluh Kota, pemadaman juga dibantu oleh Damkar dari Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam dengan jumlah total semua armada ada sebanyak 11 armada.

“Dari informasi dilapangan kebakaran terjadi diduga berasal dari api unggun masyarakat yang terbang dibawa angin kencang. Karna atap rumah Gadang ini berasal dari ijuk sehingga mudah dilalap api. Alhamdulillah dari pemadaman yang dilakukan, Kita bisa menyelamatkan semua dinding bagian rumah. Sementara atap memang tidak bisa diselamatkan,” ungkap Budi.

Budi jelaskan proses pemadaman api cukup sulit dilakukan karena material atap yang merupakan ijuk, api cepat membesar jika terkena tiupan angin. Melihat kondisi tersebut kita meminta bantuan dari Limapuluh Kota, Agam dan Kota Bukittinggi juga datang. Tidak ada korban jiwa dari peristiwa ini, kerugian ditaksir bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Related posts
Berita UtamaLimapuluh KotaSafasindo News

Dua Rumah dan 2 Warung Hangus Terbakar di Taeh Baruah

1 Mins read
Amukan sijago merah yang membakar 2 rumah dan 2 warung menghebohkan masyarakat Taeh Baruah yang sedang beraktifitas dipagi itu, tepatnya di Jorong…
Berita UtamaLimapuluh KotaSafasindo News

Bupati Safaruddin Ikuti Simulasi Pemadaman Api di Kantor Camt Akabiluru

1 Mins read
Bupati Safarudddin beserta Anggota DPRD Arsimedes dan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Alfian ikuti simulasi pemadaman api di Kantor Camat Akabiluru, Selasa…
AudioKota PayakumbuhSafasindo News

Kebakaran, Damkar Payakumbuh Selamatkan Rumah Warga Dari Amukan Sijago Merah

1 Mins read
Pemadam Kebakaran Kota Payakumbuh selamatkan rumah warga Ibuah dari amukan sijago merah yang membakar pondok kayu yang berada dekat lingkungan pemukiman warga…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *