AudioBerita UtamaKota PayakumbuhSafasindo NewsSumbar

Rumah Rusak 90% , Zen Warga Kampung Bateh Pulai Jorong Pinagar Minta Pemerintah Propinsi dan Presiden Bisa Turun Kelokasi Bencana Gempa

1 Mins read

Rumah warga dusun 1 Kampung Bateh Pulai Jorong Pinagar Nagari Aur Kuniang Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat 90% kondisi rumah warga masyarakat setempat rusak berat akibat gempa yang melanda daerah tersebut.

Gempa yang terjadi berulang kali dengan kekuatan yang berbeda mulai dari 5.2 dan 6.2 membuat kepanikan warga masyarakat Pasaman Barat. Kepanikan tersebut tidak hanya dialamia masyarakat Pasaman Barat namun semua daerah di Sumbar juga mengalaminya dan merasakan guncangan gempa tersebut.

Salah seorang relawan Aksi Cepat Tanggap (ACT) cabang Pasaman Barat Agus Riadi menyampaikan dalam rekaman video yang dibagikan dimedia sosial, diposisi dia melaporkan di dusun 1 Kampung Bateh Pulai Jorong Pinagar, dimana kondisi rumah warga masyarakat setempat sudah banyak yang ambruk dan rata dengan tanah.

“Dampak dari gempa yang terjadi pagi tadi, tingkat kerusakan bangunan rumah dan juga fasilitas umum mencapai 80 hingga 90 % di area Jorong Pinagar Nagari Aur Kuniang,” kata Agus Rinali.

Agus Rinali jelaskan pasca gempa pertama dan kedua, gempa susulan masih terjadi di Pasaman Barat. Dari perisitiwa tersebut pihak pemerintahan setempat bersama relawan dan petugas tanggab darurat telah melakukan evakuasi warga masyarakatnya untuk mengungsi ketempat yang lebih aman baik yang luka-luka dan juga lansia.

Salah seorang warga masyarakat setempat Zen mengatakan kepada relawan ACT, kami sangat panik, karna dari pagi terombang ambing dampak dari gempa yang terjadi, rumah warga disini 90% ambruk semuanya.

Zen jelaskan berkemungkinan akan terjadi longsor digunung Talangmau, karna pusat gempanya digunung tersebut, 7 kilomter dari daerahnya. Kepada pemerintah setempat dan Propinsi serta Presiden, Zen berharap agar bisa cepat tanggap dan turun kelokasi bencana untuk membantu warga masyarakat yang terkena dampak gempa.

Berikut komentar Zen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *