AudioBerita UtamaLimapuluh KotaSafasindo News

Seluruh Fraksi DPRD Setujui Ranperda APBD Kabupaten Limapuluh Kota Tahun 2023

1 Mins read

Seluruh fraksi di DPRD Kabupaten Limapuluh Kota menyetujui Rancangan Perda APBD Tahun Anggaran 2023 untuk segera ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda). Mekanisme penyusunan, pembahasan serta penetapan APBD ini telah diatur melalui Permendagri nomor 84 tahun 2022 tentang pedoman penyusunan APBD tahun anggran 2023. Pada tahun 2023 nanti, APBD Kabupaten Limapuluh Kota diproyeksikan sebesar 1 triliun rupiah.

Hal tersebut sebagaimana terungkap dalam rapat paripurna yang berlangsung di Aula DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, Rabu 23 November 2022.

Rapat tersebut dihadiri Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo yang didampingi Sekretaris Daerah Widya Putra memasuki agenda pandangan akhir fraksi terhadap Rancangan Perda APBD Kabupaten Limapuluh Kota tahun anggaran 2023.

Rapat dipimpin oleh Ketua DPRD Deni Asra didampingi Wakil Ketua 1 Wendi Chandra dan Wakil Ketua 2 Syamsul Mikar serta turut dihadiri oleh unsur forkopimda, Asisten III , A. Zuhdi Perama Putra, serta Kepala Perangkat Daerah lingkup Kabupaten Limapuluh Kota.

Dalam Sambutannya, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo ucapkan terimakasih kepada seluruh Fraksi di DPRD yang telah menyetujui Ranperda APBD Kabupaten Limapuluh Kota tahun 2023. Dengan begitu berbagai program pembangunan dapat dilaksanakan dari awal-awal tahun dengan harapan ekonomi dapat bergerak lebih cepat.

“Kita berharap eksekutif dan legislatif dapat menghadirkan kinerja yang lebih produktif, terlebih dalam mengantisipasi resesi global akibat perang Russia-Ukraina,” kata Bupati.

Dijelaskan Bupati Safaruddin, berdasarkan surat Dirjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan No.S-173/PK/2022 bahwa dana transfer dari pemerintah pusat ke daerah tahun 2023 mengalami perubahan, dimana Dana Alokasi Umum (DAU) telah ditentukan peruntukannya.

“Ini berdampak kepada seluruh pemerintah daerah termasuk Kabupaten Limapuluh Kota, karena harus menyesuaikan kembali prioritas daerah dengan Dana Alokasi Umum yang telah ditentukan peruntukannya,” ungkap Safafuddin.

Dengan telah disampaikannya pendapat akhir fraksi terhadap Ranperda APBD tahun anggaran 2023 ini, Bupati Safaruddin menyampaikan rasa terima kasih kepada Pimpinan Fraksi dan Pimpinan Komisi yang telah memberikan rekomendasi, pandangan umum, saran dan solusi atas rencana kebijakan pendapatan, belanja dan pembiayaan daerah.

“Diminta Kepala Perangkat Daerah untuk mematuhi segala rekomendasi dari badan anggaran DPRD, serta segera menyusun time schedule perencanaan kegiatan yang tertampung dalam APBD,” pinta Bupati kepada semua perangkat daerah.

Related posts
AudioKota PayakumbuhSafasindo News

H.Yos Sariadi Serahkan Bantuan Mesin Power Thresher Kepada Kelompok Tani Aia Batomu dan Elok Basamo Nagari Sungai Antuan

1 Mins read
Kelompok tani Aia Batamu yang berada di Joronga Lubuak Simato dan Elok Basamo di Jorong Labuah Lintang Nagari Sungai Antuan di Kecamatan…
Kota PayakumbuhSafasindo News

Fraksi PKS Minta Pemko Payakumbuh Perbanyak Program Keahlian Dan Pemberdayaan Di Tengah Masyarakat

2 Mins read
Fraksi Partai PKS menyampaikan pemandangan umum atas Nota Penjelasan Wali Kota Payakumbuh Terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2021…
Kota PayakumbuhSafasindo News

Pemandangan Umum Fraksi PKS Terhadap Ranperda APBD Kota Payakumbuh Tahun 2022

1 Mins read
Setelah mendengarkan nota penjelasan wali kota tentang Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2022, fraksi di DPRD Kota…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *