AudioKota PayakumbuhSafasindo News

Stabilkan Inflasi Cabe dan Bawang, Dinas Pertanian Payakumbuh Siapkan Benih Siap Tanam Untuk Koptan dan Masyarakat

1 Mins read

Keseriusan Pemerinah Kota Payakumbuh dalam menekan inflasi atau kenaikan harga barang dan jasa yang terjadi saat ini, terus dilakukan oleh Pemko. Hal tersebut dapat dilihat dengan diresmikannya oleh Pj Walikota Payakumbuh Rida Ananda gerakan menanam cabe dan bawang yang dilakukan di Kelurahan Padang Alai Bodi, Kecamatan Payakumbuh Timur, Kamis 13 Oktober 2022.

Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Pertanian telah menyediakan bibit benih yang akan dibagikan kepada kelompok tani dan juga KWT serta dasawisma yang siap ditanam dilahannya masing-masing.

Kepala Dinas Pertanian Kota Payakumbuh Depi Sastra saat dihubungi mengatakan inflasi yang terjadi saat ini menjadi sorotan serius oleh Pemerintah Daerah kita. Untuk menekan inflasi itu Walikota menghimbau dan mengajak agar seluruh masyarakat disamping kelompok tani untuk melakukan dan menggalakkan menanam cabe dan bawang dipekarangan lingkungan kita masing-masing.

“Pada peresmian tanam cabe dan bawang yang kita lakukan di Kelurahan Padang Alai Bodi tersebut kita menanamnya diatas lahan lebih kurang ada 10 hektar. Payakumbuh mendapatkan bantuan anggaran dari APBN untuk lahan sebanyak 20 hektar, sisanya 10 hektar lagi akan kita tanam dilahan kelompok tani di Kecamatan Latina,”kata Depi.

Depi jelaskan dari bantuan yang diberikan oleh pemerintah pusat tersebut, Kita prediksi hasil dari penenaman Cabe melalui bantuan itu ada lebih kurang sebanyak 3000 ton.

“Disamping bantuan dari pemerintah pusat, melalui APBD kita juga sudah melakukan pemberian bantuan benih siap tanam kepada petani. Sudah didistribusikan ribuan benih siap tanam, bahkan melalui APBD perubahan tahun 2022 juga dialokasikan 35.000 batang cabe yang difokuskan bagi KWT, lurah dan camat untuk ditanam di pekarangan,”ungkap Depi.

Turut hadir diacara tersebut Asisten II Elzadaswarman, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Edvidel Arda, Kabag Perekonomian Arif Siswandi, Camat Hepy diwakili Sekcam Zailendra, lurah, penyuluh pertanian, dan anggota kelompok tani setempat.

Related posts
AudioKota PayakumbuhSafasindo News

Bulan November 35.000 Bibit Cabe Siap Tanam Akan Dibagikan Kepada Masyarakat Payakumbuh

1 Mins read
Dalam menekan inflasi pada harga cabe, pada anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) perubahan tahun 2022 ini, Pemerintah Kota Payakumbuh mengalokasikan sebanyak 35.000…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *